Selasa, 20 Agustus 2019 13:13

Pulang ke Tanah Air, Pasutri Haji Asal Sumenep Borong Topi Langka

Kamis, 30 Agustus 2018 22:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Pulang ke Tanah Air, Pasutri Haji Asal Sumenep Borong Topi Langka
Abdul Rahman saat menunjukkan topi langkanya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Haji merupakan momen langka yang membutuhkan waktu antrean hingga berpuluh tahun untuk dapat melaluinya. Kesempatan tersebut digunakan oleh sebagian jamaah haji untuk memborong oleh-oleh dari tanah suci. Salah satunya Abdul Rahman (38) beserta istrinya.

Pasangan suami istri asal Pulau Kangean Sumenep ini memborong oleh-oleh yang sangat banyak. Abdul Rahman yang selama menempuh perjalanan pulang dari Jeddah menuju Surabaya mengenakan topi panjang keemasan ini menceritakan, dirinya sengaja membeli oleh-oleh yang banyak dari Mekkah karena momen haji merupakan momen yang langka.

“Ya langka, belum tentu tiap tahun bisa berangkat haji, kan sekarang harus antre lama untuk bisa berangkat haji, jadi saya beli banyak oleh oleh,” tutur pria yang terkenal supel di antara jamaah haji kloter 10 ini.

Karenanya, ia dan istrinya telah mempersiapkan uang saku yang lumayan banyak yang ia tabung sejak awal ia mendaftar haji tahun 2010 silam.

“Saya dan istri sengaja menabung sejak tahun 2010 lalu untuk bekal. Alhamdulillah saya bawa uang seratus lima puluh juta rupiah, bukan untuk hura-hura tapi untuk oleh-oleh saudara juga, untuk ponakan,” tutur Abdul Rahman dengan semangat dan wajah ceria.

Uang tersebut, lanjut Abdul Rahman di antaranya ia gunakan untuk membeli gelang emas sebanyak seratus dua puluh juta rupiah. Ia juga memborong sajadah, tasbih, baju, serta oleh-oleh lainnya.

Saking banyaknya barang bawaan, beberapa barang yang ia beli tidak muat dimasukkan pada tas koper serta tambahan tas yang ia bawa.

“Waktu pulang naik pesawat, saya pakai baju rangkap tujuh dan ini juga topi panjang ini saya pakai. Kalau dimasukkan tas kan jadi penyet,” ujar Abdul Rahman disambut tawa beberapa temannya saat berada di Hall Zaitun Asrama Haji Surabaya, Kamis (30/8) pukul 14.00 WIB.

Jamaah haji yang berprofesi sebaga pedagang serta rias pengantin ini menjelaskan, topi yang ia kenakan tersebut merupakan barang langka, limited edition di Mekkah. Ia sengaja menumpuk 6 topi yang akan ia gunakan untuk topi pengantin tersebut agar tidak penyet dan memakai topi tersebut sepanjang perjalanan sehingga menarik perhatian banyak orang.

Pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak hingga 14 tahun perjalanan rumah tangganya ini rencananya akan membagi bagikan oleh-oleh yang ia beli pada sanak saudara serta tetangganya. (ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...