Pemkab Tuban Sosialisasikan Sekolah Siaga Kependudukan

Pemkab Tuban Sosialisasikan Sekolah Siaga Kependudukan Para peserta menerima materi dari narasumber.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Demi meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai kependudukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas Desa dan KB) Kabupaten Tuban menyelenggarakan sosialisasi sekolah siaga kependudukan menuju Generasi Berencana (Genre) di ruang rapat Setda Pemkab setempat, Rabu (29/08).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Sunarto menyatakan, kegiatan ini diikuti 40 guru dari sekolah tingkat SMP dan SMA, Insan Genre, serta Pusat Informasi Kependudukan (PIK) di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diseleggarakan untuk menyikapi berbagai dampak kependudukan.

Sunarto menilai pentingnya kurikulum pendidikan yang berkaitan dengan kependudukan diberikan kepada siswa sejak di bangku pelajar. Di antaranya, pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif serta dinamika penduduk. Harapannya, peserta didik dapat lebih memahami hal tersebut ketika dewasa.

"Oleh karena itu, ditekankan berbagai pihak agar segera menindaklanjuti sosialisasi ini dengan membentuk Sekolah Siaga Kependudukan. Di samping itu, perlu mengaitkan dengan permasalahan lain yang dihadapi remaja. Melalui cara itu, akan mampu mengembangkan pola pikir dan kemampuan peserta dalam menyikapi kependudukan. Ini sebagai upaya untuk menyiapkan dan membentuk generasi muda yang berkualitas," tegas mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban ini.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Kependudukan dan KB Dispemas, Suwahyu mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah pembinaan bagi guru untuk mendukung program kerja Pemkab Tuban.

Adapun narasumber yang dilibatkan pada kegiatan ini berasal dari BKKBN Provinsi Jawa Timur, BNNK Tuban, dan Dispemas Kabupaten Tuban. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO