Santri di Senori Gelar Upacara Kemerdekaan RI

Santri di Senori Gelar Upacara Kemerdekaan RI Santri saat mendengarkan amanat inspektur upacara.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan santri dari Ponpes Mansyaul Huda Senori, Kabupaten Tuban menggelar upacara kemerdekaan RI ke-73 di halaman ponpes setempat, Jumat (17/8).

Dalam upacara yang dilangsungkan pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, para santri tampil dengan pakaian khasnya, yakni baju koko, peci, dan bersarung. Meski digelar sederhadana, namun upacara itu berlansung tertib dan khidmat.

Selesai memimpin upacara, kepada wartawan BANGSAONLINE.com, Pengasuh pesantren Mansyaul Huda II, KH Abdul Muis menjelaskan, bahwa upacara ini merupakan upaya untuk menanamkan cinta tanah air kepada santri.

"Sejarah mencatat kokohnya cinta tanah air serta rekatnya ukhuwah islamiyah harus ditanamkan sejak diri. Sebab, dari cinta tanah air dan menjunjung tinggi persaudaraan keduanya merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ke tiga persatuan Indonesia. Sehingga, nikmat kemerdekaan yang sudah diperjuangan para syuhada akan dikenang oleh santri-santri untuk tetap menjaga NKRI," katanya.

Dalam upacara tersebut, KH. Abd. Muis sekaligus bertindak sebagai pembina upacara. Sedangkan doa dibacakan oleh KH. Muhyiddin Munawar. (ahm/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO