Peringati Hari Santri, MWC NU Tuban Gelar Khataman Quran dan 1 Miliar Salawat Nariyah

Peringati Hari Santri, MWC NU Tuban Gelar Khataman Quran dan 1 Miliar Salawat Nariyah MWC NU Tuban saat menggelar khataman quran dalam rangka memperingati hari santri 2023.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Tuban menggelar serangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 yang dipusatkan di kantor di Jalan KH Mustain, Minggu (22/10/2023).

Ketua Tanfidziyah M. Amenan, MT mengatakan, rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional yang digelar bertujuan untuk memeriahkan syiar dan memasyarakatkan Hari Santri ke masyarakat.

"Alhamdulillah, dan yang membanggakan peringatan ini melibatkan seluruh pengurus MWC, banom, lembaga dan ranting. Ini menunjukkan kekompakan warga NU, khususnya di Kecamatan Tuban," jelas Ketua Tanfidziyah M. Amenan.

Ia menjelaskan, rangkaian peringatan HSN 2023 diawali dengan khataman Alquran binnadhor dan bilghaib yang diikuti pengurus ranting NU se Kecamatan Tuban, banom dan lembaga secara bergiliran dari pagi sampai jelang Maghrib, lalu dilanjutkan dengan doa dan penutupan khataman.

"Kegiatan istighosah dan bulghaib melibatkan lembaga, banom dan pengurus ranting, setelah itu dilanjutkan istighosah dan tumpengan," imbuhnya.

Selepas istighosah dilanjutkan dengan napak tilas para tokoh penyebar agama islam dan tokoh NU. Para pengurus bersama banom, lembaga dan pengurus ranting serta undangan long march dari kantor ke kompleks makam Sunan Bonang.

Selama perjalanan rombongan membawa bendera merah putih dan bendera NU, serta menyanyikan lagu Subhanul Wathan. Tiba di makam Sunan Bonang rombongan ziarah ke Makam Sunan Bonang dipimpin K.Aufarul Minan.

"Kemudian, setelah Isya dilanjutkan dengan istighosah dan pembacaan satu miliar yang dipimpin Rais Syuriah , KH. Ulin Nuha," tutupnya.

Usai ziarah ke makam Sunan Bonang dilanjutkan ziarah ke makam KH. Murtadji salah satu tokoh penting perkembangan NUfi Tuban. Makam salah satu ulama yang disegani di Tuban ini berada di kompleks makam Sunan Bonang, tepat di depan cungkup makam Sunan Bonang. Usai tahlil dan doa rombongan kembali ke kantor MWC NU. (gun/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO