Embarkasi Surabaya Amankan Ratusan Rokok dari Koper JCH Kloter 13

Embarkasi Surabaya Amankan Ratusan Rokok dari Koper JCH Kloter 13 Lima karung besar yang berisi berbagai merek rokok sebanyak ratusan slop yang berhasil disita petugas AHES dari Kloter 13 asal Pamekasan. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyita ratusan slop rokok berbagai merek, Jumat (20/7) sore. Hal itu terjadi saat petugas sedang melakukan pemeriksaan terhadap koper jemaah calon (JCH) Kloter 13 asal Kabupaten Pamekasan yang masuk di asrama pada pukul 11.00 WIB tadi.

Pemeriksaan yang dilakukan di Hall Mina Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) itu, petugas menyisihkan 91 koper yang dicurigai terdapat barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke tanah suci. Dari hasil pemeriksaan yang berlansung selama 4 jam ini, petugas menahan 472 slop rokok dengan berbagai macam merek.

Untuk mengelabuhi petugas agar rokok yang dibawanya tidak diketahui, Asmoni, salah satu JCH asal Pamekasan ini memasukkan 15 slop rokok bersama beras ke dalam jerigen besar kapasitas 30 liter, lalu dijahit dan dilakban.

Sebagian besar CJH mengaku kalau rokok yang mereka bawa merupakan titipan orang untuk saudaranya yang bekerja di Arab Saudi.

Bahrudin, pemilik koper yang lain menuturkan kalau ia sengaja membawa rokok sebagai oleh oleh untuk teman-temannya yang bermukim di Arab Saudi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO