Pangkoarmada II Tinjau Latihan Sea Survival

Pangkoarmada II Tinjau Latihan Sea Survival Pangkoarmada II saat meninjau langsung Latihan Sea Survival.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., selaku Perwira Penyelenggara Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI , didampingi Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., meninjau gladi lapangan Sea Survivalyang berlangsung di Dermaga Semampir Lama, Ujung Surabaya, Selasa, (17/7/2018).

Menurut Laksma TNI Kisdiyanto bertindak sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) di hari kedua gladi lapangan sea survival kali ini diikuti oleh tiga tim dariSatuan Kapal Eskorta (Satkor) B, Satuan Kapal Ranjau (Satran) A, Satran B. Dalam kompetisi tersebut, seluruh peserta bersiap dari KRI Teluk Sampit (TSP)-515 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Cokorda Gede Parta, S.H., M.Sc.

KRI TSP-515 yang lego jangkar di sekitar Selat Madura, ketiga tim melaksanakan peran peninggalan kapal dengan melompat ke laut bersama sekoci dan berlomba menuju garis finish yang telah ditentukan. Tim pengamanan laut dari Satkopaska, Dislambair, dan Divisi Pantai mendampingi para peserta yang terdiri dari tujuh personel tiap-tiap Tim melaksanakan serial latihan diantaranya, water trappen, meniup swimvest, membuat pelampung dari pakaian dan berenang ke sekoci.

Selain itu, pesertamenghadapi problem membalikan sekoci, bertahan di permukaan air dan diakhiri mendayung menuju garis finish. Adapun tim tercepat tantangan menuju garis finish dari dermaga Semampir menuju pantai hutan bakau adalah Satkor B dengan waktu 08 menit 33 detik, Satran A dengan waktu 09 menit 19 detik, dan Satran B 13 menit 32 detik.

Sea survival merupakan cara bertahan hidup di laut yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit TNI Angkatan Laut. berpesan, agar peserta latihan mengutamakan keselamatan baik personel maupun material dan memperhatikan arus laut yang kencang.

“Untuk menjaga keselamatan dalam latihan, tim pengamanan laut selalu bersiaga mengawasi kalian dan tetap semangat selama melaksanakan latihan,” kata .

Hadir dalam acara tersebut, Para Asisten , Paopslat Jungle and Sea Survival Letkol Laut (P) Y.Y. Tamoni, para Perwira Staf Kolartkoarmada II, dan para pendukung Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI . (*)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO