Marak Pemalsuan Sertifikat di PPDB Tuban, Dewan Pendidikan Minta Panitia Lebih Teliti

Marak Pemalsuan Sertifikat di PPDB Tuban, Dewan Pendidikan Minta Panitia Lebih Teliti Ratna Handayani, Bendahara Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Maraknya dugaan pemalsuan sertifikat demi mengejar poin masuk ke sekolah yang diinginkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) membuat Dewan Pendidikan prihatin. Pasalnya, tindakan yang dilakukan oknum orangtua calon siswa tersebut dinilai mencederai dunia pendidikan.

Hal ini disampaikan Ratna Handayani, Bendahara Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (1/7).

Untuk itu, ia meminta seluruh komponen pendidikan dan orangtua calon siswa agar turut menjaga dunia pendidikan agar bebas dari upaya-upaya tidak pantas, hanya demi untuk bisa masuk ke sekolah tertentu.

‘’Dewan Pendidikan banyak sekali menerima pengaduan dan laporan dari masyarakat mengenai dugaan adanya pemalsuan sertifikat untuk mengejar poin masuk ke sekolah. Ini sangat tidak pantas dan benar-benar mencoreng dunia pendidikan,’’ tegas Ratna.

Menurutnya, upaya berbuat curang yang dilakukan oleh pihak manapun tidak bisa dibenarkan, baik itu dari orangtua calon siswa, sekolah asal siswa, panitia PPDB, atau pihak terkait dengan dunia pendidikan.

‘’Pendidikan itu membangun karakter. Kalau sejak awal sudah curang, tentu hasilnya tidak bagus. Siswa kalau sejak awak diajari curang, maka akan menjadi pribadi yang tidak berkarakter bagus,’’ jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO