Pemungutan Suara Pilgub Jatim di Pacitan Berlangsung Lancar

Pemungutan Suara Pilgub Jatim di Pacitan Berlangsung Lancar Suasana di salah satu TPS di Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan. (foto: ist)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jatim sudah berlangsung, Rabu (27/6). Dari 993 TPS yang ada di Pacitan, sejauh ini berlangsung aman, lancar, dan terkendali. Soal partisipasi pemilih, hingga kini masih dalam perhitungan.

Seperti diungkapkan Luky Prabuntoro, salah seorang petugas KPPS di salah satu TPS yang ada di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Menurutnya, partisipasi pemilih terbilang bagus.

"Dari 441 DPT, yang hadir sebanyak 358 orang atau mendekati 81 persen lebih. Jumlah tersebut tak jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya," ujarnya di sela-sela persiapan penghitungan suara, Rabu (27/6).

Sebanyak 83 orang tak hadir di TPS, lanjut Luky, mayoritas merupakan mahasiswa yang tengah berada di luar daerah. "Kalau pemilih sakit, atau orang jompo kita upayakan datang ke kediamannya agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya," jelasnya.

Sementara itu merunut informasi yang berhasil dirangkum wartawan, ada beberapa TPS yang masih memperdebatkan soal waktu mulai pemungutan suara, yaitu pada pukul 07.00 WIB hingga ditutup pada pukul 13.00 WIB. Sejumlah masyarakat protes karena mereka datang terlambat, alias melebihi ketentuan waktu tersebut.

Ketua Panwaslu Pacitan Berty Stevanus menegaskan, ketentuan aturan pemungutan suara Pilgub Jatim Tahun 2018 secara tegas sudah diatur dalam PKPU 8/2018. "Jadi nggak perlu diperdebatkan lagi. Semua jelas diatur di sana," tegas Berty ditempat terpisah. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO