Rabu, 19 Juni 2019 12:49

Lebaran, Pembesuk di Lapas IIA Sidoarjo Naik Drastis

Minggu, 17 Juni 2018 14:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Lebaran, Pembesuk di Lapas IIA Sidoarjo Naik Drastis
Kalapas 2A Sidoarjo dipadati pembesuk. Tampak petugas sedang mengecek barang bawaan pengunjung.

SIDOARJO, BANGSAONLIN.com - Ribuan pengunjung memadati Lapas Kelas II A Delta sejak H+1 lebaran, kemarin (16/6). Pantauan media, sejak pagi tadi (17/7), antrean sudah nampak terlihat di lapas yang terletak di dekat Alun-Alun Sidoarjo ini. 

Sejak Jumat kemarin (15/6), Lapas Kelas II A Delta membuka besukan lebaran. Keluarga para tahanan diperbolehkan menjenguk. 

Namun, pihak Lapas membatasi jam besuk. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 - 11.30 WIB. Setelah istirahat satu jam setengah, besukan kembali dibuka pukul 13.00 WIB dan akan ditutup jam 15.00 WIB

Hal demikian dipaparkan Kalapas Kelas II A Delta Sidoarjo, Jumadi. "Tingginya animo pembesuk membuat lapas menerapkan batasan waktu. Durasi setiap pembesuk diperbolehkan bertemu pihak keluarganya hanya setengah jam saja. Lebih dari itu akan kami ingatkan," ucapnya saat ditemui di Lapas Kelas IIA Delta Sidoarjo, Sabtu, (16/06).

Lebih jauh Jumadi mengatakan, besukan lebaran berjalan selama empat hari. Mulai hari Jumat hingga Senin (18/6) besok. 

Di hari kedua ini, lanjut Jumadi, jumlah pembesuk mencapai ribuan. Jika rata-rata per hari hanya 250-300 orang, namun, momen lebaran kali ini jumlahnya meningkat hingga empat kali lipat. 

Pihak lapas juga terlihat meningkatkan keamanan. Seluruh sipir dikerahkan. Pengamanan juga dibantu pihak polisi. "Ada 4 personil Polisi ikut membantu pengamanan di sini," tambahnya. 

Jumadi menuturkan, setiap pengunjung yang masuk lapas diperiksa ketat. Setelah mengambil nomor antrean, petugas melakukan pendataan. Sambil menunggu dipanggil, petugas memelototi barang bawaan. 

"Selain makanan, tidak boleh dibawa masuk. Dari pemeriksaan kemarin, petugas menemukan satu pengunjung yang hendak memasukkan HP yang disembunyikan di dalam plastik makanan," pungkasnya.

Sementara itu, Edmond (28) salah satu pegunjung lapas mengatakan jika dirinya sudah tidak sabar ingin bertemu temannya. Bersama temannya, Agung Priambudi, dirinya berniat membesuk teman di lapas karena terjerat perkara Narkoba. 

"4 bulan ini teman saya menjadi penghuni lapas ini mas. Rasa rindu ingin bertemu teman seperjuangan di sekolah dulu, maka dari itu saya ke sini," terang warga Pasuruan ini. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...