Sabtu, 23 Juni 2018 19:02

Jelang Lebaran, Pengunjung Pasar Baru Lamongan Membludak

Selasa, 12 Juni 2018 16:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nurqomar Hadi
Jelang Lebaran, Pengunjung Pasar Baru Lamongan Membludak
Pengunjung toko emas membludak.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dua hari menjelang Perayaan Idul Fitri 1439 hijriyah, beberapa toko emas di Pasar Baru atau lebih dikenal dengan sebutan Pasar Tingkat Kota Lamongan diserbu pembeli.

Para pembeli, mulai berburu perhiasan untuk dipakai pada Lebaran nanti. "Ya ingin pakai perhiasan pas lebaran nanti," ucap Eka Aulia Warga Desa Dermolemahbang Kecamatan Sarirejo, Selasa (12/6)

Menurut Eka, di saat bulan puasa seperti sekarang ini harga perhiasan tak ubahnya seperti harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. "Sekalipun harganya naik tapi tetap beli. Kalau butuh kan juga bisa dijual lagi," tambahnya.

Penjaga salah satu toko emas di Pasar Tingkat, Komariah menyebut jumlah pembeli perhiasan emas memang mengalami lonjakan seiring kian dekatnya hari raya Idul Fitri. "Dibanding hari- hari biasa, omzet toko ya naik," akuinya.

Komariah menyebut, di pekan terakhir Ramadhan ini, omzet penjualan naik mencapai 50 persen. Bahkan, Ia mengaku sempat kewalahan melayani banyaknya pembeli emas yang ingin melihat dan mencoba sebelum memastikan untuk dibeli.

"Kalau ramai ada rasa takut juga kalau pas dicoba emasnya bisa saja hilang. Kalau harganya macam-macam, dari harga Rp. 265.000 sampai Rp. 400.000 per-gram, sesuai kadar emasnya," Urainya.

Sementara di stan pakaian juga sesak dikunjungi warga yang mempersiapkan kebutuhan, terutama pakaian anak-anak dan orang dewasa. Pantauan BANGSAONLINE.com, tampak Pasar Baru yang terletak di tengah kota ini ramai. Jalan dan sebagian toko pakaian terlihat sibuk sesak dipadati calon pembeli.

Salah satu pembeli, Miswarni (33) mengaku datang ke Pasar Baru Lamongan untuk membeli pakaian, sandal dan ikat pinggang untuk adiknya. “Dari Kembangbahu, mau beli pakaian untuk lebaran,” ujarnya

Sementara seorang pemilik toko pakaian, Maimun (30), mengakui jelang lebaran tahun ini jumlah pengunjung di pasar Baru Lamongan memang membeludak. Mayoritas para pengunjung mengincar pakaian.

“Transaksi di Pasar Baru Lamongan mengalami peningkatan drastis dibandingkan pada awal-awal Ramadhan. Pakaian, jilbab, mukena, sandal dan juga sepatu,” ujarnya.

Membeludaknya pengunjung Pasar Lamongan memaksa petugas harus melakukan rekayasa mengubah arus lalin untuk mengurai kemacaten. Petugas lalu lintas memasang papan berbingkai melintang di dua tempat. Papan itu menandakan beruliskan "Arus Dialihkan" dilengkapi dengan rambu arah pengalihan jalan.

Sebenarnya kemacetan akibat padatnya arus lalu lintas itu mulai terasa sejak sepuluh hari kedua Ramadan. Pengunjung pasar mulai berjubel melintas di Jl Dr Wahidin dan KH Asyari. Tak hanya siang hari saat pasar masih buka kemacetan terjadi. Malam hari-pun kepadatan arus lalu lintas tidak terhindarkan,karena trotoar di sepanjang dua jalan itu kalau malam tetap buka.

Praktis jumlah parkir kendaraan roda dua yang mendominasi di kanan kiri dua jalan itu juga menambah kemacetan arus lalu lintas yang sangat parah.

Apalagi satu dari dua jalur jalan di jl KH Asyari depan Masijid Agung selatan Pasar Kota ditutup total lantaran dimanfaatkan untuk pengerjaan pembangunan dua menara raksasa Masjid Agung yang hingga kini masih berlangsung. (qom/rev)

Rabu, 20 Juni 2018 03:21 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*UNGKAP syukur terekspresikan penuh hikmat kebijaksanaan dalam merayakan Hari Kemenangan, Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H. Alhamdulillah saya diberi kemampuan oleh-Nya untuk melintas, menjelajah, menempuh kembali jalan-jalan kampung d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 23 Juni 2018 11:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 22 Juni 2018 23:07 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kampung Toronan Samalem Pamekasan adalah salah satu tempat wisata baru yang menawarkan keindahan serta kesejukan alam bebukitan. Wisata alam ini berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, M...