Rabu, 24 Juli 2019 08:25

Tunggakan Klaim BPJS di RSUD dr Darsono Pacitan Capai Rp 10 Miliar Lebih

Sabtu, 02 Juni 2018 12:51 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Tunggakan Klaim BPJS di RSUD dr Darsono Pacitan Capai Rp 10 Miliar Lebih
Vira Anggraeni, Kabag Keuangan RSUD dr Darsono Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Piutang BPJS kesehatan Tahun Anggaran 2017 yang mencapai Rp 11 miliar lebih memang sudah terlunasi pada April lalu. Namun begitu manajemen RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan saat ini harus kembali nalangi klaim pasien yang jumlahnya mencapai Rp 10 miliar lebih.

Kabag Keuangan RSUD dr Darsono Pacitan Vira Anggraeni mengatakan, posisi piutang BPJS yang sudah terverifikasi sampai Maret lalu tercatat sekitar kurang lebih Rp 5 miliar. Ditambah lagi piutang yang masih dalam proses usulan verifikasi sampai April lalu kurang lebih sekitar Rp 5 miliar.

"Sehingga jumlah piutang, baik yang sudah terverifikasi maupun dalam proses usulan verifikasi mencapai kurang lebih Rp 10 miliar," sebutnya, Sabtu (2/6).

Sekalipun masih ada tunggakan klaim BPJS yang menggunung, namun Vira memastikan tidak bakal mengganggu pelayanan bagi pasien peserta BPJS yang dirujuk ke rumah sakit. Sebab sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) yang menerapkan manajemen pengelolaan keuangan dengan sistem badan layanan umum daerah (BLUD), RSUD dr. Darsono mempunyai modal awal yang dialokasikan dari sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun anggaran sebelumnya.

"Kita pastikan semua pelayanan, baik soal kefarmasian, rawat inap, jasa medis, serta fasilitas lainnya yang ditanggung BPJS, masih bisa kita layani sebagaimana ketentuan aturannya," tegas wanita berkulit putih ini pada pewarta.

Dia juga optimistis, kalau piutang itu bakal terlunasi pihak penyelenggara jaminan sosial kesehatan. "Hanya masalah waktu saja. Pengalaman yang lalu, semua tunggakan klaim terlunasi semua," tandas Vira. (yun/ns)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...