Peringati Hari Lahirnya Pancasila, GMNI dan GSNI Tuban Turun Jalan

Peringati Hari Lahirnya Pancasila, GMNI dan GSNI Tuban Turun Jalan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-73 tahun, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Cabang Tuban menggelar aksi damai di bundaran Patung Letda Sucipto, Tuban, Jumat (1/6).

Dalam aksinya, puluhan aktivis tersebut menyerukan kepada masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai yang tertanam di setiap butir Pancasila. Di samping berorasi, para aktivis itu juga membagikan puluhan takjil yang diperuntukan bagi para pengguna jalan.

"Pancasila merupakan dasar negara yang telah dinyatakan final sebagai ideologi bagi bangsa Indonesia. Namun dalam perjalanannya masih saja digerogoti oleh ideologi-ideologi yang menyimpang dari cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Nibrosu Rohid, aktivis dalam orasinya.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPC , Saiful Anwar. Menurutnya, di umur yang sudah 73 tahun ini, semakin banyak tantangan yang harus dihadapi Pancasila.

"Dewasa ini, gerakan radikalisme dan terorisme semakin gencar bermunculan, keberadaan gerakan tersebut mengancam keutuhan NKRI dan berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan harus kita lawan. Banyak sekali Ideologi-Ideologi radikal yang menggerogoti nilai-nilai Pancasila seperti Imperialisme, Kapitalisme dan Khilafah," sebutnya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk membangkitkan kembali spirit Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai luhur untuk saling mengasihi, menyayangi, dan menghargai sesama manusia satu sama lain.

"Pemuda dan pemudi di era millenial seperti saat ini jangan sampai terbawa arus dan mengikuti paham-paham yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Karena pancasila sebagai dasar negara dan idiologi bangsa indonesia mengajarkan kita untuk berperikemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat, berkeadilan serta berketuhanan," katanya.

"Para pendiri bangsa telah merumuskan Pancasila ini dengan memahami kondisi bangsa ini dengan nilai luhur yang terkandung didalamnya agar bangsa ini menjadi lebih baik. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu memupuk, merawat, dan menumbuhkan rasa cinta kepada sesama, nusa dan bangsa," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO