Roadshow Santunan 1000 Yatim dan Lansia Baznas Kota Malang Berlanjut di Kebonsari

Roadshow Santunan 1000 Yatim dan Lansia Baznas Kota Malang Berlanjut di Kebonsari Sebagian lansia yang menerima santunan.

MALANG KOTA, BANGSAONLINE.com - Santunan 1000 anak yatim piatu dan 1000 orang lansia yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang di hari kedua, di Masjid Nurul Muttaqin Kebonsari, Sukun Kota Malang, Sabtu (26/05) mulai menunjukkan karakteristik dan keunikan tersendiri.

"Keunikan dan karakter antara satu desa dengan desa lainnya, memiliki perbedaan nyata," ungkap Dr. HM. Fauzan Zenrif, M.Ag, Ketua Baznas Kota Malang.

"Dilihat dari segi ilmu sosiologi dan antropologi, karakteristik masyarakat di tengah perkotaan, kendati orangnya sangat kritis dalam satu hal, namun lebih enak dan mudah diarahkan untuk penataannya. Sedangkan masyakarat di kota pinggiran, status sosial bukan satu pilihan dan tidak mudah kritis. Namun pengarahan dan penataannya lebih sulit, terlebih sisi komunikasinya," kata Fauzan.

Karakter itu dibuktikan langsung oleh BANGSAONLINE, saat Baznas menyantuni 134 orang Lansia dan 84 anak yatim piatu. Su'ud (75), seorang lansia warga RW 4 Kelurahan Kebonsari menolak ketika diarahkan agar salat terlebih dahulu sebelum menerima dana konsumtif.

"Gak usah salat wis, aku tak pulang saja, nanti aja di rumah salatnya," ujar Su'ud, seraya pergi meninggalkan tempat.

"Aku gak betah kalo terlalu lama di masjid, sebab panas," ucap peserta lainnya.

Terlepas itu semua, Baznas terus berupaya menekan angka masyarakat kurang produktif menjadi produktif, melalui pembinaan UKM dan pembinaan revolusi mental produktif dan inovatif.

"Berdasarkan data sensus ekonomi tahun 2016, terdapat 1200 masyarakat miskin, dan 400 orang pengangguran di kota pinggiran," ujar Fauzan.

"Semestinya mereka sudah tergarap pembangunan ekonomi produktif dan inovatif. Seorang lansia saja tetap kami dorong dan kami berikan kegiatan produktif, agar tidak jenuh dalam hidupnya berupa menanam tanaman produktif semisal tanaman kesehatan," tambahnya.

Marmi (73) dan Wikayah (76), warga RW 3 Kelurahan Kebonsari, Sukun Kota Malang menandaskan, adanya bantuan Baznas ini sangat membantu dirinya. "Sebab saya sudah tidak bisa beraktivitas. Semoga Baznas terus memberikan pembinaan," harap mereka berdua yang diantarkan keluarganya. (iwa/thu/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO