Sampah Menumpuk di Sungai, Wabup Sidoarjo Langsung Terjunkan Alat Berat

Sampah Menumpuk di Sungai, Wabup Sidoarjo Langsung Terjunkan Alat Berat Wabup Nur Ahmad saat meninjau langsung pembersihan sungai dengan menggunakan alat berat.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Adanya laporan tentang tumpukan sampah rumah tangga di sungai Desa Jumputerjo Kecamatan Sukodono membuat Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH prihatin. 

Usai mengikuti acara talkshow Sidoarjo Peduli Sungai di Radio Suara Sidoarjo, Cak Nur sapaan akrabnya, langsung menyempatkan untuk meninjau langsung keadaan sungai tersebut. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab Sidoarjo pun saat itu juga langsung menurunkan alat beratnya untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sungai.

“Penumpukan sampah ini disebabkan oleh tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat yang kurang. Ini jelas karena beberapa saat yang lalu juga sudah dibersihkan dan sampahnya pun sampah rumah tangga,” ucapnya.

Menanggapi permasalahan ini, Wabup berharap adanya Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang sampah dan lingkungan. Memang secara teknis program-program dari Pemerintah Kabupaten sudah ada, akan tetapi Pemerintah Desa pun diharap juga ikut memperkuat program dari Pemkab, cara nya adalah membuat Perdes. 

"Jadi kalau ada Perdes di tiap desa maka desa ini akan ikut mengawasi bersama-sama, ikut menjaga lingkungan dan sungai nya sehingga masyarakat tidak sembarangan membuang sampah di sungai. Sehingga bila ada pelanggaran, desa sendiri juga bisa memberikan sanksi," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO