Wakil Ketua PCNU Dukung PKB di Pemilu 2019, Ketua: Itu Pernyataan Personal, Bukan Organisasi

Wakil Ketua PCNU Dukung PKB di Pemilu 2019, Ketua: Itu Pernyataan Personal, Bukan Organisasi Mahmud, Ketua PCNU Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua PCNU Kabupaten Pacitan Mahmud menegaskan bahwa NU tidak pernah terlibat dalam politik praktis. Penegasan ini dikatakannya menanggapi pernyataan Wakil Ketua PCNU Pacitan Sunoto, yang menyatakan akan mendukung PKB dalam Pemilu 2019 saat menghadiri launching pendaftaran caleg PKB.

"Kalaupun sempat ada pernyataan mendukung salah satu parpol kontestan pemilu, itu personal dan bukan keputusan organisatoris. Selama ini NU tidak pernah terlibat dalam politik praktis. NU mengedepankan politik kebangsaan. Kami menegaskan, itu pernyataan personal dan bukan keputusan organisasi," jelas Mahmud.

Sementara terkait pernyataan Sunoto yang akan memberikan dukungan politiknya kepada PKB dalam Pileg 2019, Panwaslu Pacitan belum akan bersikap.

Sebagaimana diketahui, saat ini PCNU Pacitan dipimpin Mahmud yang notabene merupakan ASN menjabat Sekretaris BP2KD Pacitan.

Divisi SDM Panwaslu Pacitan Agus Sudijantoro mengungkapkan jika Mahmud sempat meminta pertimbangan ke Panwaslu terkait undangan DPC PKB pada acara pendaftaran caleg. "Kami menyarankan agar yang bersangkutan tidak hadir. Sebab statusnya sebagai ASN aktif, apalagi memangku jabatan di sebuah OPD yang bersinggungan dengan pegawai negeri. Dan setelah kita cek, memang Pak Mahmud tidak hadir saat acara itu berlangsung," ujarnya, Selasa (15/5).

Agus menegaskan, panwaslu masih mengedepankan praduga tak bersalah dalam persoalan ini. "Sebab itu baru sebatas pernyataan personal. Terkecuali dalam proses politik nanti terbukti ada campur tangan secara personal dari saudara Mahmud, Panwaslu baru akan bersikap sebagaimana ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Sepanjang tidak ada bukti, kami hanya sebatas melakukan pencegahan. Belum pada ranah penindakan," jelas Agus. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO