Kemungkinan Beda Awali Ramadan, Kakemenag: Jangan Putus Silaturahmi

Kemungkinan Beda Awali Ramadan, Kakemenag: Jangan Putus Silaturahmi Kepala Kantor Kemenag Pacitan

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jelang penentuan satu Ramadan 1439 H tahun ini, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan Nurul Huda berharap kepada seluruh masyarakat Pacitan tetap mengedepankan tali silaturahmi.

Pasalnya, tahun ini umat muslim diprediksi akan memulai puasa Ramadhan tidak serentak. Sebagian diprediksi akan menjalani hari pertama Ramadan pada Rabu (16/5), namun tak sedikit yang berkeyakinan bahwa satu Ramadan akan jatuh pada Kamis (17/5).

"Perbedaan itu hal yang indah. Mari kita saling menghargai dan menghormati dari perbedaan itu. Yang terpenting tujuan kita sama," ujarnya, Sabtu (12/5).

Namun sebagai lembaga negara, pihaknya tentu akan mengikuti keputusan pemerintah dalam menentukan hari pertama bulan Ramadhan. Sebagaimana tradisi yang dilakukan selama ini, Kemenag tetap akan menyelenggarakan rukyatul hilal yang rencananya dilaksanakan Selasa (15/5) mendatang.

"Sebagaimana rencana, rukyatul hilal tersebut dilaksanakan di Pantai Srau Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kita akan melibatkan ormas, Forkompinda, dan sejumlah ulama," jelas Nurul Huda.

Huda meminta agar masyarakat muslim di Pacitan tetap menjaga kondusivitas meski kemungkinan bakal ada perbedaan penentuan satu Ramadhan.  "Janganlah perbedaan itu dijadikan pemicu permusuhan. Tetap jaga kondusivitas dan kedamaian dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan," tukasnya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO