Senin, 20 Mei 2019 22:50

Cicit Syaikhona Kholil Dukung Khofifah-Emil, Kiai Zubair Muntashor: Wakil Terbaik NU di Pemerintah

Jumat, 27 April 2018 15:38 WIB
Editor: MA
Wartawan: Tim
Cicit Syaikhona Kholil Dukung Khofifah-Emil, Kiai Zubair Muntashor: Wakil Terbaik NU di Pemerintah
KH Zubair Muntashor (duduk di kursi roda) saat mendo'akan Khofifah-Emil yang diamini Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (bersorban hijau). Kiai Asep selain diminta sambutan juga didaulat meminpin do'a. Foto: bangsaonline.com

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Para kiai besar dan kharismatik semakin banyak mendukung Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak setelah tahu prestasi dan latar belakang masing-masing pasangan calon gubernur-wakil gubernur. Bahkan ulama berpengaruh KH Zubair Muntashor, Bangkalan, Madura, hari ini (Jumat, 27/4/2019) secara terbuka mendukung Khofifah dan Emil. Padahal putera kiai wira’i, KH Munstashor ini dikenal sangat hati-hati selama ini.

Dukungan itu juga disaksikan sejumlah kiai dan santri, diantaranya Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto yang santrinya kini mencapai 10.000 santri. Ketua Umum Persatuan Guru NU (PERGUNU) ini hadir bersama Khofifah-Emil dan didaulat menyampaikan sambutan di Pondok Pesantren Nurul Cholil yang diasuh KH Zubair Muntashor. Kiai Asep juga diminta untuk memimpin doa dalam acara yang berlangsung di Pesantren Nurul Cholil Bangkalan itu.

Yang mengejutkan, Kiai Zubair bukan hanya mendukung tapi juga mendoakan paslon nomor 1 Khofifah-Emil untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur Jatim. Kiai yang mengasuh ribuan santri ini mendoakan Khofifah-Emil di kediamannya, Demangan Barat Bangkalan Madura.

Kiai Zubair adalah cicit Syaikhona Kholil bin Abdul Latif Bangkalan yang popular sebagai ulama alim ilmu nahwu dan sebagai pemberi restu berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).

Kepada bangsaonline.com, KH Fathurrozi Zubair, putera Kiai Zubair, menjelaskan bahwa Kiai Zubair Muntashor lahir dari pasangan Nyai Hj Nadhifah dan KH Muntashor. Nyai Nadhifah adalah puteri dari KH Imron. Sedang Kiai Imron adalah putera Syaikhona Kholil Bangkalan. “Jadi beliau cicit Syaikhona,” timpal KH Muchlis Muhsin, pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Modung Kwanyar Bangkalan Madura yang juga hadir dalam acara tersebut kepada bangsaonline.com.

Sambutan Kiai Zubair Muntashor dan keluarga serta para santri memang luar biasa terhadap pasangan calon gubernur-wakil gubernur Khofifah-Emil.

Apalagi saat Khofifah memberikan sambutan memotivasi para santri untuk berprestasi dan menjadi guru sampai ke luar negeri. ”Ayo siapa yang siap menjadi guru di Afrika,” tanya Khofifah. Para santri yang duduk tertib langsung menjawab serempak, siap.

Kiai Zubair Muntashor menegaskan bahwa dirinya mendukung pasangan Khofifah-Emil karena dua sosok ini lahir dan tumbuh besar di NU.

"Sangat layak untuk Jawa Timur, sangat mendukung, sangat mendukung Khofifah dan Emil," tegas Kiai Zubair.

Menurut dia, Khofifah dan Emil perwakilan terbaik NU di pemerintahan. Karena itu sangat layak memimpin Jawa Timur.

"Dua-duanya dari Nahdlatul Ulama. Khofifah dari NU, wakilnya dari NU. Dua-duanya NU," tuturnya.

Sementara Khofifah mengatakan restu ulama sangat penting. Menurut dia, pesantren memiliki peran penting sebagai tempat pendidikan dan perjuangan masyarakat.

"Ini bagian penguatan betapa membangun Jawa Timur harus mendengarkan, rekomendasi dan mohon doa kepada seluruh elemen terutama para pengasuh pesantren. Ini punya peran signifikan dari sebelum Indonesia merdeka. Pesantren ini menjadi penguatan pendidikan kepada masyarakat," katanya (tim).

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...