Angkut 7 Batang Kayu Jati, Mobil Gran Max Diamankan

Angkut 7 Batang Kayu Jati, Mobil Gran Max Diamankan Barang bukti berupa gelondongan kayu jati dan mobil gran max yang diamankan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebuah mobil jenis gran max berwarna hitam bernomor polisi S-6480-MA dihentikan oleh petugas perhutani lantaran membawa 7 gelondongan kayu jati milik Perhutani KPH Jatirogo, Jumat (20/4).

Petugas berhasil mengamankan kendaraan tersebut sekitar pukul 02.15 WIB dini hari di jalan menuju TPK Wotsogo. Saat dihentikan, pelaku yang saat itu diduga ada 8 orang langsung melarikan diri.

"Barang bukti saat ini berada di Polsek Jatirogo," kata Wakil Adm Perum Perhutani KPH Jatirogo, Dedy Sopiandi.

Ia menjelaskan, pemberhentian sebuah kendaraan mobil jenis grandmax tersebut karena memuat kayu jati gelap yang berasal dari wilayah Sukongancar. Dugaan awal itu setelah adannya laporan pencurian kayu jati dari petugas jaga di wilayah Sukongancar yang dilakukan sekitar 7-8 orang. Mereka memikul kayu dengan cara dinaikkan dan dimasukkan ke dalam kendaran mobil yang diparkir di tepi sisi jalan raya.

"Melihat banyaknya jumlah orang itu, oleh petugas jaga melaporkan ke kantor KPH Jatirogo," ungkap Dedy.

Kemudian, setelah mendapat laporan pada Jumat malam (20/4) pukul 24.00 WIB, petugas jaga KPH Jatirogo diterjunkan untuk melakukan pengintaian ke mana laju kendaraan tersebut membawa kayu. Selang beberapa jam pada pukul 02.30 WIB setelah memasuki jalan raya arah TPK Watsogo, akhirnya petugas Perhutani menghentikan mobil tersebut dan melakukan pemeriksaan.

Akan tetapi, sebelum petugas perhutani mendekat ke kendaraan, para penumpang dan sopir tunggang langgang semburat melarikan diri. Para pelaku meninggalkan mobil yang di dalamnya terdapat 7 batang kayu berjenis pohon jati yang diduga hasil curian dari Sokogancar tanpa dilengkapi surat-surat dokumentasi.

"Barang bukti ini, kami serahkan dan sudah kami laporkan ke polsek setempat untuk ditindak lanjuti temuan malam ini," ungkap Prayit, penjaga TPK Wotsogo, Prayit. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO