Nenek Kamimah Asal Semanding akan Dapat Bantuan dari Pemkab

Nenek Kamimah Asal Semanding akan Dapat Bantuan dari Pemkab Forkompimcam Semanding mendatangi rumah nenek Khamimah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Tuban akhirnya turun tangan setelah foto-foto nenek Kamimah (80) warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding yang tidur di sebelah hewan ternaknya beredar di media sosial.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban Rohman Ubaid mengatakan jika Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban akan segera klarifikasi ke lokasi, sesuai arahan Bupati Tuban. Pekan ini Baznas akan melakukan survei dan verifikasi untuk segera memberikan bantuan berupa pembuatan kandang kambing di samping rumah nenek Kaminah. Selain itu, juga akan dilakukan identifikasi terhadap kondisi objektif nenek Kaminah untuk dapat diajukan memperoleh santunan.

“Jika telah memenuhi syarat, nenek Kaminah akan mendapatkan santunan sebanyak 300 ribu per bulan,” imbuhnya.

Selain Baznas, Rohman Ubaid menjelaskan jika Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Tuban juga akan segera melakukan survei guna melihat kondisi langsung nenek Kaminah. Survei ini untuk keperluan pengajuan santunan fakir miskin pada PAPBD tahun 2018.

“Nantinya, nenek Kaminah akan mendapatkan santuan sebesar 200 ribu per bulan melalui Dinsos bila semua syarat telah terpenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban melalui Puskesmas juga telah mengikutkan nenek Kaminah pada program pelayanan kesehatan dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

"Nenek Kaminah tiap bulan telah rutin mengikuti program pemeriksaan tersebut dan saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat. Di samping itu, ia juga telah terdaftar dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS)," paparnya.

Perihal keberadaan tiga ekor kambing, Rohman Ubaid menjelaskan tiga hewan ternak tersebut merupakan bantuan program Pengentasan Kemiskinan dari Pemkab Tuban beberapa tahun lalu. Selain itu, nenek Kaminah juga telah mendapat bantuan subsidi beras (Rastra) melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Jadi.

"Beberapa tahun lalu nenek Kaminah juga mendapatkan bantuan dari Kodim 0811/Tuban berupa renovasi rumah melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pada pelaksanaan program RTLH, pembangunan rumah juga dibantu Pemdes Jadi," terangnya Ubaid. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO