Jumat, 27 April 2018 09:39

Aksi Sabotase Diduga Warnai Agenda Adventure Kelud

Minggu, 25 Maret 2018 20:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Aksi Sabotase Diduga Warnai Agenda Adventure Kelud
Sejumlah rider saat berkumpul di lapangan Desa Tawang Kecamatan Wates usai menyisiri Gunung Kelud. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Agenda kegiatan Adventure Kelud oleh Komunitas Trail Kediri (KTK) yang berlangsung di lapangan Desa Tawang, kecamatan Wates, Kabupaten Kediri sempat diwarnai aksi yang diduga sabotase. Yakni, insiden penurunan gambar ketua KTK oleh aparat pemerintahan tingkat kecamatan, Sabtu (24/3) sore.

Dari keterangan Penasihat Ketua Panitia Kegiatan Trail Kelud Adventure Tegel Budiarso, insiden penurunan itu terjadi pada Sabtu kemarin, sehari sebelum kegiatan adventure trail Kelud. 

"Benar ada salah satu aparat kecamatan tersebut meminta untuk menurunkan backdrop yang ada gambar ketua KTK," kata Tegel saat ditemui di lapangan Desa Tawang, Minggu (25/3).

Pihak KTK, kata Tegel, juga sempat menanyakan kesalahan apa yang dibuat oleh pihak panitia KTK. Namun, pihak aparat kecamatan tidak bisa memberikan penjelasan. Karena pihak KTK dalam izin sudah semua dilaksanankan dan tidak ada masalah.

"Izin dari kepolisian dan juga pihak pemerintah kabupaten tidak ada masalah dan sudah kami lalui," ungkap Tegel sedikit emosi.

Tegel juga menduga jika hal itu dilakukan atas dasar mempolitisir kegiatan KTK dengan memasang ketua KTK. Karena ada beberapa warga desa Petung Ombo yang sudah memakai kaos salah satu orang berinisial E. 

"Kelihatanya acara KTK mau dipolitisir, karena saya tahu ada salah satu desa yang sudah digerakkan memakai kaos berinisial E," kata Tegel.

Sementara itu, Ketua KTK Slamet Budiono membenarkan dengan adanya insiden tersebut. "Benar saya kemarin dapat laporan dari anggota KTK dan juga panitia KTK bahwa ada yang meminta backdrop yang ada gambar saya diturunkan," kata Slamet.

Dengan adanya insiden tersebut, akhirnya ia meminta pada anggota dan panitia karena secara hukum tidak ada masalah. "Saya bilang silahkan lanjutkan acara karena sudah prosedural untuk ijinya," kata Slamet yang juga wakil direktur SDM PT. Gudang Garam Tbk ini.

Slamet juga menambahkan jika acara Adventure Kelud juga merupakan salah satu rangkaian agenda hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214. Selain itu KTK Kediri juga melakukan baksos pada masyarakat agar tidak ada pandangan dari masyarakat bila rider itu hanya Hura Hura. 

"Kita juga berusaha menghilangkan image di mata masyrakat jika rider itu tidak hanya hura-hura," tambah Slamet .

Adventure Kelud tersebut diikuti oleh rider luar kota bahkan luar negeri yakni dari Singapore. Hal itu untuk mengenalkan daerah wisata yang ada di Kabupaten Kediri yaitu Gunung Kelud.

Terpisah, Camat Wates Arif saat dikonfirmasi sempat membantah dengan adanya perihal pencopotan back drop. Pihaknya mengaku bahwa back drop untuk agenda trail adventure Kelud sudah disediakan oleh pihak Pemkab yang sesuai dengan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ke-1214.

"Niatan dari digelarnya Trail Adventure yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri. Jadi back drop yang dipasang harus menampilkan sisi edukasi wisata Kabupaten Kediri," ucapnya. (rif/ian)

Rabu, 25 April 2018 00:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA terus diselenggarakan dan saya selalu membanding di kala bertandang di banyak negara Asia, Eropa maupun Timur Tengah. Pergantian kepala daerah memang banyak mengeluarkan ongkos dan perubahan di mana-mana terus dikamp...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...