​Penghasilan Susu Koperasi Suka Makmur Turun 20 Ton per Liter

​Penghasilan Susu Koperasi Suka Makmur Turun 20 Ton per Liter Tampak dari tengah kepala koperasi bersama Dinas Provinsi Jatim.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam acara Farmer2farmer, Ketua KUTT atau lebih dikenal Koperasi Susu Sapi Suka Makmur mengakui akhir-akhir ini mengalami penurunan 20 ton/liter. 

"Biasanya per hari mendapat 60 ton/liter, kini tinggal 40 ton/liter," ujar Kepala Koperasi Trias Zainal Abidin kepada BANGSAONLINE.com di kantornya Desa Semambung, Grati, (28/2).

Dia menjelaskan bahwa ke depan akan membuat produksi persiapan pakan ternak untuk para petani sapi perah supaya rumput yang dikonsumsi sapi tersebut kelihatan segar tahan lama. Sehingga sapi saat dikonsumsi dari hasil olahan rumput tersebut tidak bosan memakan.

"Alat pengelolaan rumput itu kini masih dalam tahap percobaan, nanti kalau sudah berhasil dikelolah maka ia akan secepatnya mensosialisasikan kepada para peternak sapi perah, supaya ada peningkatan hasil susunya".

Rias mengakui saat musim kemarau khususnya wilayah peternak sapi daerah pesisir tersebut kesulitan cari rumput. Karena menurut dia, kebanyakan yang dikonsumsi oleh sapi saat musim kering yakni rumput Damen. 

Dengan demikian Rias berusaha supaya dari Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian untuk saling berkesinambungan membarikan solusi kepada kesejahteraan perternakan tersebut.

Adapun menurut pengakuan para peternak tersebut bahwa rumput yang mampu menghasilkan susu sapi meningkat. "Antaranya adalah Rumput Gajah, Rumput Jagung sekaligus campuran biji jagungnya juga," ujar Kholiq, salah satu peternak sapi. (afa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO