Kapolda Jatim Sambangi Korban Terdampak Banjir di Tuban

Kapolda Jatim Sambangi Korban Terdampak Banjir di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur Inspektur Jendral Polisi Machfud Arifin didampingi Bupati Tuban H Fathul Huda menyambangi korban terdampak bencana banjir di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (27/2).

Saat menyambangi masyarakat, Machfud mengaku prihatin atas banjir yang melanda wilayah Tuban beberapa terakhir ini. Bahkan, pihaknya mengaku sedih akibat bajir tersebut yang menyebabkan 2 nyawa melayang. "Kami prihatin, memang di Jatim banyak yang terendam banjir. Tetapi, kami datang ke sini ingin melihat secara langsung. Apalagi kemarin ada korban jiwa akibat banjir ini," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat waspada jika terdapat peringatan dini terkait banjir. "Segera menyelamatkan diri apabila ada luapan sungai Bengawan Solo, karena bisa membahayakan diri sendiri. Bagi pemilik anak kecil lebih diawasi, jangan sampai kejadian beberapa hari yang lalu terjadi lagi sehingga merenggut nyawa korban. Orang tua lebih waspada, jika anaknya sakit karema terdampak banjir segera larikan ke posko kesehatan yang sudah disiapkan pemerintah," urainya.

Machfud berharap adanya solusi penanganan banjir yang hampir terjadi setiap tahun. Salah satunya dengan pembangunan tanggul atau bendungan. Ia berharap hal tersebut segera terealisasi dan untuk warga sekitar sebaiknya mendukung penuh terkait program tersebut.

"Tadi pak Bupati sudah menyampaikan, sebagian sudah dibangun tanggul. Tapi sisanya masih ada yang belum. Makanya kami minta masyarakat mendukung program itu. Bukan malah menaikkan harga tanah yang akan dijadikan tanggul," bebernya.

Sementara Bupati H Fathul Huda mengungkapkan pembangunan tanggul saat ini berjalan di tempat. Pasalnya, prosedurnya harus ada tana. Ssedangkan pembebasan lahan perlu dukungan dari masyarakat. Sedangkan, pembangunannya sendiri menajdi kewenganan pemerintah pusat.

"Akan tetapi, karena sampai saat ini belum juga tertangani, maka dari Pemkab Tuban akan mengambil alih. Dan targetnya selama periode saya tanggul itu sudah jadi," ucap Bupati Tuban.

Selama menyambangi korban terdampak bencana banjir, kapolda dan bupati juga memberikan bantuan paket sembako pada masyarakat. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO