Kerusakan Jalan Harun Thohir Gresik, Politikus Gerindra: Pemerintah Abai

Kerusakan Jalan Harun Thohir Gresik, Politikus Gerindra: Pemerintah Abai Kondisi jalan Harun Thohir yang rusak berat. foto: syuhud/bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Strategi Pemkab Gresik meminta bantuan sejumlah perusahaan untuk perbaiki jalan Harun Thohir Kecamatan Gresik, mendapatkan dikecam oleh berbagai kalangan. Politikus Gerindra Gresik Abdullah Syafi'i, SH menilai bahwa tindakan Pemkab Gresik meminta bantuan sejumlah perusahaan yang berada di sekitar jalan tersebut merupakan langkah tidak tepat.

"Mengapa dialihkan ke perusahaan perbaikan jalan tersebut. Peran pemerintah dimana," ujar Abdullah Syafi'i kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (21/2).

Menurut Syafi'i, sikap pemerintah menyerahkan perbaikan kerusakan Jalan Harun Thohir kepada pihak ketiga (perusahaan,red) merupakan bentuk pengalian tanggungjawab. Sebab, pemerintah yang memiliki tanggungjawab untuk perbaikan jalan tersebut bisa dibilang lepas tanggungjawab.

Padahal, pemerintah memiliki anggaran lebih dari cukup untuk perbaikan maupun pemeliharaan jalan. "Di DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) kan ada anggaran besar untuk perbaikan jalan. Mengapa tak digunakan," cetus politisi asal Manyar ini.

Sebagai anggoata DPRD Gresik yang turut andil dalam pembahasan anggaran, dirinya menolak kalau perbaikan kerusakan Jalan Harun Thohir langsung dimintakan bantuan dana dari Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebab, selain faktor Pemkab Gresik ada anggaran untuk perbaikan dan dikhawatirkan akan terjadi tumpang tindih pengalokasian anggaran bahkan rawan terjadinya penyimpangan angaran. Dan, dana CSR juga masih dibutuhkan masyarakat sekitar perusahaan untuk membantu kebutuhan mereka.

Karena itu, tambah Syafi'i dirinya meminta agar Pemkab Gresik dalam kontek ini DPUTR harus bertanggungjawab dalam perbaikan kerusakan Jalan Harun Thohir. "Sehingga, jalan bisa cepat diperbaiki dan bisa normal kembali lalu lintas disana," pungkas Ketua FGerindra DPRD Gresik ini.

Sayang, Kepala DPUTR Pemkab Gresik Gunawan Setijadi belum bisa dikonfirmasi soal tudingan politisi Gerindra tersebut. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO