Kemenag Blitar Minta Jamaah Hati-hati Pilih Travel Umrah

Kemenag Blitar Minta Jamaah Hati-hati Pilih Travel Umrah Kasi PHU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar Syaikul Munib.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Calon jamaah umrah harus lebih berhati-hati dan waspada dengan masih banyaknya tawaran umrah murah. Tak terkecuali di Kabupaten.

Pasalnya, sejauh ini masih banyak travel umrah bodong yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi calon jamaahnya. Terbaru, adalah sebuah perusahaan penyelenggara ibadah haji plus dan umrah PT Solusi Balad Lumampah (SBL) yang diduga juga melakukan penipuan terhadap calon jamaahnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Syaikul Munib mengakui di Kabupaten ada calon jamaah PT SBL. Namun hingga kini pihaknya belum bisa memastikan jumlahnya. Mereka dipastikan daftar melalui cabang PT SBL yang ada di luar.

"Jamaah sudah ada, namun daftar dari cabang Malang," jelas Syaikul Munib kepada wartawan, Senin (19/2).

Pihaknya mencatat sejauh ini hanya ada dua travel umrah yang memiliki kantor pusat di Blitar. Sementara 18 lainnya yang juga sudah mengantongi izin hanya merupakan kantor cabang. "Untuk PT SBL sejauh ini belum ada izin dari Kemenag," papar Munib.

Untuk menghindari agar tidak tertipu biro travel bodong Kemenag Kabupaten mengimbau agar masyarakat memperhatikan beberapa hal sebelum memilih travel umrah. Di antaranya dengan tidak terbuai dengan iming-iming biaya murah, mencari travel yang sudah berizin, dan intens melakukan komunikasi dengan Kemenag.

"Kami juga membuka informasi kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah umrah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait travel agar tidak menjadi korban penipuan," pungkasnya. (ina/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO