Minggu, 12 Juli 2020 00:39

Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

Kamis, 15 Februari 2018 11:25 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong para petani menggunakan produk surfaktan untuk mengirit biaya tanam. Sebab, surfaktan terbukti dapat menurunkan tegangan permukaan.

"Betul, jadi misalnya petani menggunakan 10 mililiter pestisida, kemudian dicampurkan surfaktan bisa 5 mililiter pestisida saja. Untuk pencampurannya menyesuaikan bisa 5 ml x 1 ml," terang Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Disperta Bojonegoro, Zainal Fanani, kemarin (14/2).
Menurut dia, surfaktan ini sifatnya dapat menurunkan tegangan permukaan. Sehingga dengan penggunaan surfaktan lebih mengirit petani menggunakan pestisida. "Tentu ongkos yang dikeluarkan petani juga lebih irit," terangnya.
Namun, hingga saat ini para petani di wilayahnya belum banyak yang tahu tentang produk surfaktan ini. Sehingga dia dan PPL di 28 kecamatan akan terus melakukan sosialisasi kepada para petani.
"Ada yang mengetahui ada yang belum. Mungkin baru sekitar 30 persen yang mengetahui dan memakai surfaktan ini," bebernya.
Sementara itu, Riki Rivaldi praktisi surfaktan dari lembaga Tertiary Irrigation Technical Assistance (Tirta) saat di Bojonegoro menambahkan, pihaknya sudah menerapkan surfaktan kepada petani di beberapa kecamatan di Kota Ledre.
"Pilot projects kami paling sedikit setengah hektar di setiap kecamatan, tentu akan kita kembangkan terus. Tiga kecamatan lain menjadi target kami, salah satunya Kecamatan Trucuk," paparnya.
Secara kumulatif, lanjut dia, sudah sekitar 4.000 petani yang menggunakan surfaktan saat melakukan perawatan tanaman padi. Sehingga dengan melihat luas wilayah Bojonegoro, dia mentargetkan. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...