Senin, 23 September 2019 08:52

Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

Kamis, 15 Februari 2018 11:25 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
Lebih Irit, Surfaktan Bisa Turunkan Tegangan Permukaan

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong para petani menggunakan produk surfaktan untuk mengirit biaya tanam. Sebab, surfaktan terbukti dapat menurunkan tegangan permukaan.

"Betul, jadi misalnya petani menggunakan 10 mililiter pestisida, kemudian dicampurkan surfaktan bisa 5 mililiter pestisida saja. Untuk pencampurannya menyesuaikan bisa 5 ml x 1 ml," terang Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Disperta Bojonegoro, Zainal Fanani, kemarin (14/2).
Menurut dia, surfaktan ini sifatnya dapat menurunkan tegangan permukaan. Sehingga dengan penggunaan surfaktan lebih mengirit petani menggunakan pestisida. "Tentu ongkos yang dikeluarkan petani juga lebih irit," terangnya.
Namun, hingga saat ini para petani di wilayahnya belum banyak yang tahu tentang produk surfaktan ini. Sehingga dia dan PPL di 28 kecamatan akan terus melakukan sosialisasi kepada para petani.
"Ada yang mengetahui ada yang belum. Mungkin baru sekitar 30 persen yang mengetahui dan memakai surfaktan ini," bebernya.
Sementara itu, Riki Rivaldi praktisi surfaktan dari lembaga Tertiary Irrigation Technical Assistance (Tirta) saat di Bojonegoro menambahkan, pihaknya sudah menerapkan surfaktan kepada petani di beberapa kecamatan di Kota Ledre.
"Pilot projects kami paling sedikit setengah hektar di setiap kecamatan, tentu akan kita kembangkan terus. Tiga kecamatan lain menjadi target kami, salah satunya Kecamatan Trucuk," paparnya.
Secara kumulatif, lanjut dia, sudah sekitar 4.000 petani yang menggunakan surfaktan saat melakukan perawatan tanaman padi. Sehingga dengan melihat luas wilayah Bojonegoro, dia mentargetkan. (nur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...