Hari Ini, Menteri ESDM Resmikan 10.101 Jargas di Kota dan Kabupaten Mojokerto

Hari Ini, Menteri ESDM Resmikan 10.101 Jargas di Kota dan Kabupaten Mojokerto Menteri ESDM saat mendengarkan penjelasan dari pihak pelaksaan proyek. Foto: SOFFAN/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan jaringan gas (Jargas) di wilayah Kota dan Kabupaten Mojokerto, Jumat (9/2).

Dengan didampingi Plt Direktur Jendral Migas, Wakil Kepala SKK Migas Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Timur, Walikota dan Wakil Bupati Mojokerto acara penandatangan sekaligus peresmian dengan pembukaan kran instalasi gas dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Prajurit kulon, .

Menteri ESDM dalam sambutannya mengatakan bahwa penggunakan LPG skala nasional dalam setahun mencapai 6,5 juta ton. Sedangkan untuk kemampuan produksi LPG nasional Indonesia hanya 2 juta ton per tahun. Jadi di tiap tahunnya ada kekurangan persediaan sekitar 4,5 juta ton LPG dan selama ini disediakan dengan cara impor.

“Sesuai dengan arahan dari bapak persiden, secara bertahap kita akan berusaha mengurangi jumlah impor LPG yakni dengan cara mengelolah sumber daya alam yang kita miliki dan salah satunya adalah gas bumi. Ini yang dinamakan ketahanan energi,” jelasnya.

Mengenai pembangunan jargas di wilayah , pihak pemerintah telah menugaskan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk sebagi pelaksana pembangunan dan pengoperasian jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga. Sampai dengan 2018 ini pihak pelaksana telah berhasil menyelesaikan sebanyak lima ribu sambungan rumah tangga.

Sambungan Rumah (SR) ini terbagi di 7 MRS yakni RS-01 di lokasi Kantor Kelurahan Kauman ada 493 SR, Pukesmas Kelurahan Mentikan 645 SR, Kantor Kelurahan Prajurit Kulon 1.253 SR, Kantor Kelurahan Miji 1.109 SR, Kantor Kelurahan Surodinawan dan Kantor Dinas Pertanian ada 1.500 SR.

”Di tahun 2018 tidak ada lagi pemasangan di wilayah , tapi saya berjanji di 2019 akan ada lagi pemasangan jaringan gas rumah tangga di ,” teranganya.

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO