Kembangkan Agrowisata Edukasi, Pemkab Situbondo MoU dengan PTPN XI

Kembangkan Agrowisata Edukasi, Pemkab Situbondo MoU dengan PTPN XI Bupati Situbondo saat melakukan MoU dengan Direktur utama PTPN XI.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Untuk menambah potensi Agrowisata berbasis edukasi di Kabupaten Situbondo menjelang tahun kunjungan wisata 2019, Direktur Utama PTPN XI melakukan MoU dengan Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto, Senin (8/1). 

Direktur Utama PTPN XI Moch Cholidi mengatakan bahwa Situbondo layak untuk dijadikan ikon Gula Jawa Timur. Ia menuturkan, PTPN XI mampu menyerap tebu petani terlebih dengan peningkatan kapasitas serta rencana pendirian pabrik gula baru. "Kemudian didukung dengan topografi Situbondo yang hanya cocok untuk komoditas tebu," tuturnya.

Sedang Agrowisata Olean yang telah beroperasional sejak tahun 2017, menurutnya dapat mengisi kebutuhan Situbondo akan tempat wisata keluarga. Selama ini Situbondo hanya memiliki destinasi wisata yang berupa wisata alam seperti pantai, sungai, air terjun hingga Hutan Baluran. 

"Belum lagi ditambah nilai historis dari Pabrik Gula Olean yang dibangun tahun 1846 dengan teknologi manual dalam proses produksinya. Serta lokomotif yang dijalankan menggunakan mesin uap dan masih bisa beroperasi menjadikan daya tarik tersendiri," ungkap Cholidi. 

Sementara itu, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH mengatakan bahwa ia menyambut baik kerjasama dengan pihak PTPN XI. Sebab dengan adanya MoU tersebut, Kabupaten Situbondo dapat menambah tempat-tempat agrowisata.

“Dua yang akan kita peroleh dari MoU ini, selain hasil dari industri itu sediri, juga aset PTPN XI mempunyai potensi pariwisata. Hal ini merupakan penguatan untuk membantu daerah dan tambahan energi kita untuk membangun pariwisata. Kami harap MoU ini segera dimulai,” tutur Dadang. (mur/had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO