Hanya 2 Jam, Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Raup 2, 2 Miliar Rupiah

Hanya 2 Jam, Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Raup 2, 2 Miliar Rupiah PARA PEMENANG. Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan Kapolresta Sidoarjo serta artis penyanyi Anji, pose bersama dengan pemenang Lelang Bandeng Kawak 2017 di alun-alun, Rabu (6/12) malam. Foto: IST

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - 2017 yang digelar Pemkab Sidoarjo mendapatkan respon luar biasa dari semua pihak. Hanya dalam waktu dua jam, dibuka pukul 21.30 WIB dan ditutup pukul 23.30 WIB, empat bandeng kawak laku terjual dan berhasil meraup dana Rp 2, 208 miliar. Lelang bandeng kawak ini digelar di Alun-alun Sidoarjo, Rabu (6/12) malam.

Delapan pihak dinyatakan sebagai pemenang pertama dalam lelang bandeng kawak ini. Mereka, PT Royal Bisnis Tambak Oso, PT Green Florencia, Lapindo Brantas Inc, dan Agen Park Sidoklumpuk dengan nilai sumbangan masing-masing Rp 344 Juta. Empat perusahaan itu berhak mendapatkan bandeng kawak juara pertama seberat 7, 07 Kg.

Sedangkan pemenang kedua, yakni PT Sarana Dwi Makmur yang menyumbang Rp 300 Juta, berhak memiliki bandeng kawak juara kedua seberat 5, 55 Kg. Untuk pemenang ketiga, yakni PT Sekar Grup dan pengembang Kahuripan Nirwana Village (KNV) dengan nilai Rp 100 Juta.

Dua perusahaan tersebut berhak mendapatkan bandeng juara tiga, seberat 5, 34 Kg. Dan pemenang keempat diraih PT Save and Lock yang menyumbang Rp 75 Juta, mendapatkan bandeng juara empat seberat 5, 24 Kg.

"Khusus pemenang lelang nomer satu dan tiga, karena lebih dari satu, maka akan kami siapkan bandeng yang beratnya sama dan akan dikirim ke masing-masing pemenang," cetus Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah yang ikut mengumumkan hasil lelang bandeng kawak 2017.

Bupati pun bersyukur dengan hasil lelang tersebut. Sebab, hasilnya melebihi dari target yang dipatok semula, Rp 1, 5 Miliar. "Alhamdulillah perolehan lelang bandeng mencapai Rp 2, 208 Miliar. Nilai ini bahkan lebih besar dari lelang tahun 2016 yang mendapat Rp 1,3 miliar," cetus Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah.

Lelang ini diikuti kalangan perusahaan, mulai swasta hingga BUMN dan BUMD. Juga OPD dan camat. Beberapa undangan secara pribadi juga menyumbang. Bahkan artis penyanyi Anji, yang hadir sebagai bintang tamu, ikut menyumbang. Anji menyumbang Rp 10 juta. "Saya terkesan dengan lelang bandeng ini yang dananya untuk sosial," cetus Anji.

Sementara, para petambak budidaya yang mengikuti kontes Bandeng Kawak mendapatkan sejumlah hadiah. Mulai sertifikat dan tropi, emas, uang tunai Rp 3,5 juta-Rp 5 juta serta masing-masing mendapatkan hadiah satu unit sepeda motor.

"Saya berharap gaungnya ini bukan hanya di Sidoarjo dan Jawa Timur tapi meluas ke tingkat nasional dan internasional sebagai destinasi wisata baru," harap Ketua Panitia 2017 H Nur Ahmad Syaifuddin yang juga Wabup Sidoarjo. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO