​Dongkrak Ekonomi Peternak, Dinas Peternakan Pasuruan Gelar Pelatihan

​Dongkrak Ekonomi Peternak, Dinas Peternakan Pasuruan Gelar Pelatihan Pasuruan pelatihan pengolahan pangan berbahas dasar susu.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya memberikan nilai ekonomis serta pendapatan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan memberikan pelatihan bagi para peternak. Pelatihan itu berupa praktek pengeloahan bahan berbahan dasar susu menjadi susu pasteurisasi dan keju mozarella. 

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan Irianto menjelaskan bahwa di wilayah Pasuruan merupakan produsen susu segar terbesar di jawa Timur. Beberapa perusahaan susu besar ratarata dipasok dari para peternak yang tergabung dalam koperasi.

Irianto menambahkan, dengan diadakannya pelatihan tersebut, produk yang dihasilkan akan memberi nilai okonimis bagi pendapatan mereka.

"Kita terus mendorong para peternak yang tergabung dalam SPR (Sentra Peternak Rakyat, red) dapat mengembangkan seluruh aspek peternakan guna menunjang perkembangan ekomoni mereka," jelasnya.

Dalam menyukseskan pelatihan tersebut, Dinas Peternakan sampai mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni dari Universitas Brawijaya Malang. Para peternak diajari cara mengolah bahan dasar susu menjadi produk ekonomis.

Diketahui, saat ini eksistensi kelompok SPR yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan juga ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai pusat wisata edukasi. Selain fungsi utamanya sebagai tempat berbagai pelatihan mulai dari pengembangan bahan baku pakan ternak, pengembangbiakan ternak melalui managemen kawin suntik dan kesehatannya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO