Festival Malang Mbois 2017, Festivalnya Komunitas Kreatif

Festival Malang Mbois 2017, Festivalnya Komunitas Kreatif Panitia Festival Malang Mbois saat menjelaskan tentang stand pameran kepada awak media. foto: IWAN I/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Festival Malang Mbois 2017 resmi dibuka Kamis (2/11) hari ini hingga Minggu (5/11) mendatang bertempat di Malang City Point. Acara ini terselenggara berkat Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Kota Malang serta Malang Creative Fussion (MCF).

Vicky Arief HD, Koordinator MCF, menjelaskan bahwa Festival Malang Mbois merupakan tempat bergabungnya 350 komunitas kreatif. Melalui festival ini, ia ingin membangun ekosistem dan ekonomi kreatif secara berkualitas lewat kreasi, produksi, distribusi, konsumsi secara konservasi, dan sebagainya.

"Ada 16 bidang kreativitas yang menjadi fokus kami, mulai industri, kuliner, desain grafis, animasi, film pendek, musik dan banyak lagi lainnya. Di festival ini kreativitas itu kami buat secara kreatif dan inovatif untuk dikompetisikan," tukasnya.

Sementara Ir. Endang Suwartini, Dirjen Industri Kecil Menengah Kementrian Perindustrian RI menegaskan bahwa secara nasional ekonomi kreatif membantu keuangan negara sebesar Rp 460 triliun. Urutan pertama adalah kuliner dengan sumbangan sebesar 34 persennya, kedua disumbang dari fahsion 27 persen, dan terakhir disumbang craft sebesar 15,8 persen.

"Pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang kami lihat sangat dinamis dan menjanjikan sekali. Mengingat banyak wisata yang ada di Malang, maka ini layak ditumbuhkembangkan lebih bagus lagi," imbuhnya. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO