Pemkab Gresik dan PMI Siap Bersinergi Tanggulangi Bencana

Pemkab Gresik dan PMI Siap Bersinergi Tanggulangi Bencana Bupati Sambari menyematkan pin penghargaan kepada sukarelawan yang telah mendonorkan darahnya hingga puluhan dan ratusan kali.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Peringatan HUT PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di gedung Pusdiklat PMI di Jalan Dr. Wahidin SH Kabupaten Gresik, Selasa (19/9/2017). Upacara tersebut diikuti oleh pelajar yang tergabung dalam PMR (Palang Merah Remaja), Pramuka dan juga KSR.

Upacara dihadiri oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Timur H. Imam Utomo bersama sejumlah jajarannya. "Bertepatan dengan peringatan HUT PMI yang ke- 72 tahun, peran PMI dalam upaya pencegahan bencana dan penanggulangan terhadap bencana sangat besar. Utamanya dalam mengurangi resiko bencana. Karena bencana alam yang terjadi merupakan kehendak tuhan. Namun, sebagai insan pekerja kemanusiaan harus mempunyai kemampuan untuk penanggulangan terjadinya bencana tersebut," ujar Imam Utomo dalam sambutannya.

“PMI harus terus tingkatkan kerjasama lintas sektoral. Dalam peranannya, PMI harus mampu bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap risiko dan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Sebagai organisasi kemanusiaan, PMI lahir selisih satu bulan setelah Kemerdekaan Republik Indonesia. "Makanya, semangat kemerdekaan senantiasa mewarnai semangat pelayanan PMI terhadap masyarakatan" paparnya.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wabup Moh. Qosim, Sekda Drs. Kng. Djoko Sulistio Hadi dan jajaran Forkopimda memberikan penghargaan kepada sejumlah sukarelawan yang telah mendonorkan darahnya antara 50 hingga 100 kali.

Menurut Sambari, di usia yang sudah menginjak ke-72 ini, PMI sudah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan untuk meringankan penderitaan masyarakat dalam merespon bencana maupun mengurangi resiko bencana, serta pemberdayaan masyarakat. “Seperti upaya meningkatkan stok darah, mendorong kegiatan terpadu dengan melibatkan masyarakat dalam mengurangi risiko bencana,” ujar Bupati.

Oleh karena itu, sebagai wujud dukungan pemerintah, Sambari mengungkapkan Pemkab Gresik telah membangun gedung PMI dengan sejumlah fasilitas pendukung yang canggih. "Sehingga diharapkan PMI dapat melayani masyarakat secara maksimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO