Rogoh Kocek Rp 1,4 Miliar, Rusunawa Masuk Daftar Proyek Prioritas

Rogoh Kocek Rp 1,4 Miliar, Rusunawa Masuk Daftar Proyek Prioritas Harlistyati

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) masuk daftar proyek prioritas yang akan dikerjakan Pemkot Mojokerto tahun ini. Pemkot bahkan bersedia merogoh kocek hingga Rp 1,4 miliar untuk proyek Kementerian PUPR di Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon itu. Anggaran ini untuk pembelian tanah urug yang menopang gedung ini.

”Pembangunan Rusunawa diawali dengan tahap pelelangan oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Sedianya, pada Oktober ini lelang dilakukan pemerintah pusat sehingga sejak awal tahun depan, pembangunannya sudah bisa berlangsung,” papar Ketua Bappeko Harlistyati, Minggu (10/9).

Menurut Harlistyati, pemerintah pusat mulai melakukan lelang pada tahun 2017 ini. Tujuannya agar tahun depan Rusunawa sudah bisa mulai dibangun oleh kementerian.

Ia menambahkan, penyiapan lahan Rusunawa di Kel Prajurit Kulon itu salah satunya berupa pengurukan lahan. Lantaran, notabene lahan seluar 7 ribu meter persegi itu, masih berupa tanah semak belukar sehingga perlu diuruk.

”Pengurukan dilakukan DPKP (Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman) awalnya Rp 900 juta lebih. Lalu pada PAK ini ditambah Rp 1 miliar lebih,” tambahnya.

Penambahan anggaran pengurukan tanah itu mutlak. Lantaran, luasan lahan yang dibutuhkan mencapai 7 meter persegi. Anggaran pengurukan sebelumnya mencapai Rp 900 juta lebih belum mencukupi untuk menguruk seluruh lahan yang dibutuhkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO