Senin, 17 Februari 2020 13:00

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Mulai Naik

Minggu, 20 Agustus 2017 13:08 WIB
Wartawan: Akina Nur Al Ana
Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Mulai Naik
foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menjelang Idul Adha, harga hewan kurban mulai menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan ini diprediksi terus berlanjut hingga H-1 Idul Kurban. Bahkan kenaikan hewan kurban itu diprediksi bakal terus terjadi hingga H-1 Idul Adha.

Seperti yang terpantau di pasar hewan Wlingi Kabupaten Blitar. Harga hewan ternak sapi dan kambing sudah mulai mengalami kenaikan sejak sebulan terakhir.

"Biasanya memang selalu naik kalau jelang hari raya kurban begini," ungkap Jianto salah satu pedagang sapi, Minggu (20/8).

Blantik sapi asal Kecamatan Garum ini merinci, sebelumnya untuk sapi jenis simmental ukuran sedang dijual dengan harga Rp 16 juta, kini naik hingga Rp 17 sampai Rp 17,5 juta. Sementara untuk sapi jenis limousin yang semula Rp 20 juta kini naik menjadi Rp 21 hingga Rp 22 juta.

Tak hanya itu, penjualan pun juga sudah mulai menunjukkan peningkatan. Jika sebelumnya dihari pasaran sehari dirinya hanya bisa menjual satu ekor sapi, namun menjelang jari raya Idul Adha ia bisa menjual hingga empat ekor sapi. "Biasanya cuma laku satu, sekarang bisa laku empat ekor," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Ali, penjual kambing di lokasi yang sama. Menurutnya harga kambing juga mengalami kenaikan, dari harga normal Rp 1,8 juta naik hingga Rp 2,5 juta. Bahkan untuk harga kambing diprediksi bakal terus mengalami kenaikan hingga H-1 nanti.

"Kalau kambing biasanya dekat hari H masih banyak yang nyari. Nah, kalau sudah begitu biasanya harganya akan semakin tinggi karena stok juga sudah mulai habis," terang Ali.

Sementara itu, Imadudin Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar mengatakan, ketersediaan hewan kurban tahun ini di Kabupaten Blitar masih mencukupi. Bahkan Kabupaten Blitar masih bisa mencukupi kebutuhan hewan kurban ke daerah lain.

"Untuk ketersediaan kita aman, bahkan Kabupaten Blitar masih bisa kirim ke daerah lain," ujarnya.

Untuk diketahui di Kabupaten Blitar terdapat dua pasar hewan. Satu di kecamatan Wlingi sementara satu lagi di kecamatan Srengat. Namun untuk pasar hewan Srengat hingga sekarang hanya menyediakan hewan ternak kambing saja. (blt1/tri/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...