Gus Syaf, Sumrambah dan Ahmad Rifa’i Disebut Bakal Daftar Cabup Jombang ke Demokrat

Gus Syaf, Sumrambah dan Ahmad Rifa’i Disebut Bakal Daftar Cabup Jombang ke Demokrat Panitia Desk Pilkada DPC Partai Demokrat Jombang saat memberikan keterangan terkait pendaftaran Bacabup dan Bacawabup. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat secara resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup) mulai Rabu (16/8/2017) kemarin. Setidaknya ada lima orang yang sudah komunikasi dengan partai demokrat untuk mendaftar sebagai bacabup dan bacawabup Jombang.

Pada hari pertama, Mundjidah Wahab (wakil bupati Jombang sekarang) melalui Sekretaris DPC PPP Jombang, Jakfar Shodiq mengambil formulir pendaftaran. Bu Mun, panggilan akrab Mundjidah Wahab mengambil formulir untuk mendaftar sebagai Bacabup Jombang 2018 melalui partai demokrat.

“Ini kita mengambil formulir mewakili Bu Mundjidah Wahab untuk running di Pilkada 2018. Dengan pengalaman beliau (Bu Mun) di birokrasi, beliau akan maju di posisi Jombang satu (Cabup),” kata Jakfar kepada awak media usai mengambil formulir di kantor DPC Partai Demokrat, Rabu (16/8/2017).

Politisi PPP Jombang ini menjelaskan, Bu Mun mendaftar di Partai Demokrat karena tidak ada satu pun partai politik yang bisa mengusung calon sendiri. Dengan demikian, semua parpol harus berkoalisi untuk mendapatkan tiket mengucung cabup-cawabup.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Jombang, Syarif Hidayatullah mengungkapkan, selain Bu Mun, setidaknya ada 4 orang lagi yang sudah berkomunikasi untuk mendaftar melalui partainya. Keempat orang itu yakni Abdul Khodir, Kombes Syafiin (Gus Syaf), Ahmad Rifa’I (pengacara), dan Sumrambah.

“Jadi, pendaftaran ini kita buka untuk kader internal maupun di luar kader demokrat. Lima orang ini sudah komunikasi dengan kita, dalam waktu dekat semuanya akan mengambil formulir,” pungkas pria yang akrab disapa Gus Sentot ini.

Adapun mekanisme penjaringan di Partai Demokrat, hasil penjaringan dilakukan di Kabupaten/Kota akan disampaikan kepada DPD Jatim. Selanjutnya, DPW Jatim akan mengirimkan hasilnya ke DPP partai Demokrat.

“Formulir yang sudah diambil oleh pendaftar, nanti harus dikembalikan ke kami. Selanjutnya, pendaftar akan memaparkan visi dan misi kepada kami. Setelah tuntas proses di DPC Demokrat Jombang, kami akan kirimkan hasilnya ke DPD Jatim, yang selanjutnya disampaikan ke DPP Demokrat. Rekomendasi untuk siapa yang akan kita usung, sesuai mekanisme partai, itu menunggu dari DPP,” ungkap Imam Hanafi, Ketua Desk Pilkada DPC Demokrat Jombang.

Hadir dalam pembukaan pendaftaran kemarin, Kuswanto, Sekretaris Desk Pilkada Partai Demokrat Jatim, pengurus DPC Demokrat Jombang serta Dua pengurus DPC PPP Jombang, Jakfar Sodiq dan Khoirul Hasyim.

Untuk diketahui, Partai Demokrat memiliki 6 kursi di DPRD Kabupaten Jombang. Dengan demikian, partai berlambang mercy ini butuh berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung cabup-cawabup. Hal ini juga sama bagi seluruh partai politik di Kabupaten Jombang. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO