Meriahnya Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-693

Meriahnya Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-693 Bupati Blitar menerima panji lambang daerah

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tahun ini Kabupaten genap berusia 693 tahun. Berbagai rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten telah digelar, puncaknya digelar di Alun-Alun dan Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Sabtu (5/8) pagi.

Diawali dengan upacara Pisowanan di Alun-Alun , Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo bertindak selaku inspektur upacara. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh kepala desa/lurah, camat, perangkat desa/kelurahan, ketua BPD/FMK, ketua LPMK/LPPD, masyarakat dan unsur pendidikan, yang dipimpin oleh sekretaris camat masing-masing, dengan membawa panji desa/kelurahan/kecamatan. Semua peserta upacara ini juga menggunakan pakaian tradisional. Dilanjutkan, acara inti penerimaan dan persemayaman kitab sejarah dan panji lambang daerah kepada Bupati , di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten .

Bupati Rijanto menuturkan, hari jadi Kabupaten ke-693 harus dijadikan sebagai momen untuk bersama-sama menjadikan Kabupaten lebih maju, dan lebih baik. "Usia Kabupaten sudah semakin matang, untuk itu saya mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjadikan Kabupaten lebih maju," tutur Rijanto, Sabtu (5/8).

Kata Rijanto, momen hari jadi Kabupaten tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini tepat di hari jadi Kabupaten , ada tamu khusus, yakni sutradara film Hollywood Livi Zheng, yang merupakan putra asli . Livi yang datang bersama tiga crewnya datang ke untuk membuat film tentang .

"Dengan datangnya Livi Zheng beserta crewnya ke sini untuk membuat film tentang , kami berharap ke depan potensi-potensi yang ada di semakin dikenal dunia luar," imbuhnya.

Sementara Livi mengaku sengaja datang ke bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten ke-693. Sutradara yang sedang naik daun di industri film Amerika ini mengaku sangat tertarik mengekplorasi kekayaan kearifan lokal .

"Banyak potensi dan talenta di . Kemarin kami kerjasama dengan KBRI di Los Angeles membuat film promosi pariwisata Bali dan . Ternyata animo luar biasa. Banyak yang penasaran dengan . Saya mau mengangkat yang bagus," kata Livi di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

Menurut Livi, Bali sudah banyak yang tahu dan terkenal. Namun dengan beragam potensi dan kekayaan budayanya belum terekspos di dunia Internasional. Selama sepekan berada di , Livi dan crewnya juga telah mengambil gambar di beberapa lokasi bersejarah di salah satunya di Candi Palah, atau yang lebih dikenal dengan nama Candi Penataran.

"Dengan menampilkan kekayaan dalam film, saya berharap banyak yang datang kesini sehingga membuat daerah ini berkembang sebagai destinasi wisata dunia," ungkapnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO