Masyarakat Tuban Lebih Pilih Nikah di Rumah Ketimbang di Kantor KUA

Masyarakat Tuban Lebih Pilih Nikah di Rumah Ketimbang di Kantor KUA Kantor Urusan Agama Kabupaten Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Minat masyarakat Tuban melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) tergolong minim. Mereka lebih memilih menikah di rumah atau masjid, ketimbang di Kantor KUA.

Sesuai data dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, jumlah pernikahan selama semester pertama 2017 ini mencapai sekitar 5.035 pasangan. Namun sebanyak 4.050 pasangan di antaranya lebih memilih nikah di luar kantor dengan mendatangkan Naib ke rumah. Hanya 985 pasangan yang berkenan menikah di kantor KUA masing-masing Kecamatan.

"Dari jumlah pernikahan di luar kantor, paling banyak terdapat di Kecamatan Semanding 345, Kecamatan Kerek 290, dan Kecamatan Plumpang 280," beber Kepala Seksi (Kasi) Bimmas Kemenag Tuban, Muhammad Qosim, saat dikonfirmasi Minggu (30/7).

Selama bulan Januari sampai Juni ini, Qosim memaparkan bahwa bulan yang paling favorit dipilih untuk melangsungkan pernikahan adalah April atau Rojab pada kalender Hijriah, yakni sebanyak 1.006 pasang pengantin.

"Kalau melangsungkan nikah di KUA gratis, namun bila di luar kantor ada biaya dengan langsung mentransfer. Usia pernikahan didominasi rata-rata laki-laki usia 19 tahun dan perempuan 16 tahun," pungkasnya. (gun/wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO