Kirab Budaya Dongkrak Dongkrek Warnai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun

Kirab Budaya Dongkrak Dongkrek Warnai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten ke-449 diwarnai dengan kirab budaya asli Caruban yang dikenal dengan dongkrak dongkrek, Selasa (25/07). Kirab dongkrak dongkrek ini melintasi sejumlah ruas jalan, mulai dari Mejayan hingga Caruban.

Kirab budaya ini diberangkatkan langsung oleh Bupati H. Muhtarom, S.Sos dari alun-alun Mejayan.

Dalam sambutannya orang nomor satu di Kab menjelaskan, bahwa kegiatan Kirap Budaya Dongkrek kali ini bertujuan untuk menggali potensi budaya di masyarakat sehingga ke depannya diharapkan bisa semakin semarak dan meriah.

"Kali ini kegiatan yang kedua dan ke depan diupayakan akan lebih meriah lagi. Tidak hanya kirab budaya Dongkrek, tetapi juga kegiatan lain yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kab.," jelas Mbah Tarom sapaan Bupati pada Bangsaonline.com.

Sebagai seni budaya asli daerah, Mbah Tarom mengatakan bahwa kirab Dongkrak Dongkrek harus dilestarikan. Untuk itu, saat ini Pemkab berupaya terus menampilkan kesenian tersebut di sejumlah acara seremonial.

Kirab Seni Dongkrek ini sendiri biasanya diikuti hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten. Mereka memamerkan seni dongkrek ciri khas masing-masing daerah. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO