Kasarmatim Hadiri International Cadet Seminar

Kasarmatim Hadiri International Cadet Seminar

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto,S.H.,M.A.P menghadiri seminar internasional yang bertajuk "Empowering Military Education in Cultivating Characters of Profesional and Adaptive Leaders to Respond the 21 Century Chalengges". Seminar ini yang digelar di Gedung Maspardi, AAL, Surabaya, Rabu (19/07/2017) ini menghadirkan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R sebagai keynote speaker.

Adapun peserta seminar yaitu Cadet ROTC US Army sebanyak 32 orang, mahasiswa dalam negeri 26 orang, mhasiswa luar negeri 6 orang, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebanyak 3 orang. Selain itu, Taruna Akmil, AAU, Akpol dan IPDN sebanyak 12 orang, serta 100 Taruna AAL. Seminar sehari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan Cadet ROTC US Army ke Akademi Angkatan Laut.

Seminar ini pada dasamya bertujuan untuk mencari peran kontribusi pendidikan militer dalam penanaman karakter pemimpin Indonesia untuk mengatasi kecenderungan yang muncul dari tantangan abad ke-21.

Sementara sasaran seminar yaitu agar para pemimpin masa depan mempunyai karakter militer yang kuat, inovatif dan inisiatif tinggi, memberikan pendekatan teoritis dalam karakter militer yang menghargai nilai universal dalam negeri dan di seluruh dunia, menggambarkan gagasan dan temuan dari pembicara dan peserta dengan menggunakan tatanan internasional yang menjunjung perdamaian, keamanan, dan peluang melalui kerjasama yang lebih kuat untuk memenuhi tantangan global, serta mengusulkan solusi dan rekomendasi strategis yang memperkuat jalinan kemitraan dan kerjasama global yang saling menguntungkan.

Dalam seminar itu dipaparkan ada tiga faktor dominan yang menjadi ciri lingkungan strategis dan militer pada abad ke-21, yaitu globalisasi, kemajuan teknologi dan pergeseran demografis Globalisasi berdampak hampir pada setiap aspek kehidupan manusia.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, Wadanjen Akademi TNI Mayjen TNI (Mar) Gatot Subroto, Kasgartap III/Surabaya Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Komandan STTAL Laksma TNI Drs. Siswo H.S. S.T.,M.MT., Kadispsial Laksma TNI Mithra, M.Com., Ditkersin Kemhan RI Brigjen TNI Rizerius Eko, HS, dan undangan lainnya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO