Senin, 06 Juli 2020 09:13

Komisi D Apresiasi Komitmen Pemprov Jatim Selesaikan Tol Pandaan - Malang Tahun Depan

Kamis, 06 Juli 2017 21:50 WIB
Komisi D Apresiasi Komitmen Pemprov Jatim Selesaikan Tol Pandaan - Malang Tahun Depan
Anggota Komisi D DPRD Jatim, Sugeng Pujianto.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi D DPRD Jawa Timur yang membidangi perhubungan dan infrastruktur mengapresiasi komitmen Pemprov Jatim melalui Kepala Dinas PU Bina marga, Gatot Sulistyo Hadi untuk menyelesaikan pembangunan tol Pandaan - Malang pada 2018. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi D DPRD Jatim, Sugeng Pujianto.

"Sebagai mitra komisi D, kami apresiasi komitmen tersebut. Kami mendorong pembangunan tol tersebut selesai tepat waktu," tutur anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, Kamis (6/7).

Sugeng mengakui pembangunan tol Pandaan - Malang saat ini terkendala oleh pembebasan lahan. Oleh karena itu pihaknya berharap pemerintah untuk menyelesaikan masalah pembebasan tanah tersebut.

Pihaknya juga meminta agar pemerintah mengutamakan titik kemacetan seperti Sawojajar Malang menuju arah Lawang atau Lawang ke Sawojajar Malang untuk segera dikebut pembangunannya, karena di sana merupakan titik macet menuju ke Malang.

Terpisah, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jawa Timur terus melakukan pengebutan pengerjaan tol jalan tol Pandaan-Malang. Pasalnya pihak PU Bina Marga jatim menargetkan tol Pandaan Malang segera beroperasional pada akhir 2018.

"Minimal jalan tol tersebut sudah bisa difungsikan pada saat pelaksanaan Lebaran tahun depan. Perkiraan kami lebaran tahun depan antara tanggal 10 sampai dengan 15 Juli 2018. Dan jalan tol tersebur sudah bisa difungsikan. Karena target pengoperasionalannya pada akhir 2018 atau molor dua tiga bulan lagi," kata Gatot Sulistyo Hadi.

Guna mewujudkan target selesai pada 2018, PU Bina marga akan terus berkoordinasi dengan pihak BBPJN VIII terkait dengan penyelesaian jalan tol tersebut supaya bisa difungsionalkan.

"Kalau tidak mengandalkan jalan tol, tentunya akan sangat menghambat perjalanan dari Surabaya ke Malang. Dampaknya terjadi kemacetan seperti di daerah Lawang, Malang," ujarnya.

Terkait kondisi Tol pandaan - Malang ia mengatakan saat ini secara konstruksi pembangunan jalan tol tersebut sudah sekitar 12 persen dan akan terus dikebut supaya bisa segera digunakan. "Kami akan terus mengejar pengerjaan jalan tol tersebut termasuk juga pengerjaan jalan tol di Wilangan sampai dengan Kertosono," tandas Gatot.

Ia menambahkan, untuk jalan tol Pandaan-Malang memiliki panjang sekitar 40 kilometer dengan dana yang diperlukan sekitar Rp 2 triliun. "Saat ini pengerjaan konstruksi masih sekitar 12 persen. Alhamdulillah, untuk lahan utamanya sudah selesai dibebaskan. Kalaupun ada yang belum dibebaskan, itu seperti di rest area dan juga di bahu jalan saja," pungkasnya. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...