Pemkab Gresik Kembali Gelontorkan Bantuan Alsintan untuk Petani

Pemkab Gresik Kembali Gelontorkan Bantuan Alsintan untuk Petani Bantuan alat pertanian terparkir di halaman kantor Disperta Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tahun ini kembali menyiapkan bantuan puluhan alat dan mesin pertanian untuk para KT(Kelompok Tani) se-Kabupaten Gresik. Bantuan tersebut berupa mesin traktor roda empat, hand tractor, dan sejumlah alat pertanian lain.

Kepala Disperta (Dinas Pertanian) Agus Djoko Waluyo menyatakan, bantuan tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis. "Bantuan tersebut bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap para petani. Beberapa tahun ini sudah ratusan alat dan sarana pertanian yang dibantukan kepada Petani. menganggap petani sebagai soko guru perekonomian, karena 70 persen masyarakatnya adalah petani," katanya.

Agus berharap, masyarakat petani dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. "Alhamdulillah, selama ini produksi padi di Gresik surplus. Karenanya, dengan penambahan sarana dan mesin pertanian serta berbagai pelatihan kepada petani ini, maka produksi padi akan semakin meningkat berlipat-lipat," ujarnya optimis.

"Dengan adanya bantuan mesin pertanian, beberapa areal yang dulunya dianggap lahan tidur bisa tergarap. Di Gresik masih banyak areal yang tak tergarap karena keterbatasan tenaga manusia. Nah, dengan mesin ini, areal produksinya bisa semakin lebih luas," terangnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO