Berebut Masuk SMPN Favorit Melalui Tes PSB

Berebut Masuk SMPN Favorit Melalui Tes PSB Para peserta tes PSB di SMPN I Kebomas sebelum ikuti tes. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hari ini, Rabu (5/7/2017), ribuan siswa lulusan SD (Sekolah Dasar) dan MI (Madrasyah Ibtidaiyah) di Kabupaten Gresik mengikuti tes PSB (penerimaan siswa baru) di sejumlah SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri). Mereka bersaing agar bisa diterima di sekolah favorit incaran mereka.

Adapun SMPN yang menjadi favorit di antaranya adalah SMPN I Gresik, SMPN 1 Kebomas, SMPN 2 Gresik, SMPN 2 Kebomas, SMPN 3 Gresik, SMPN 4 Gresik dan SMPN 1 Manyar.

Ribuan siswa terlihat sangat antusias mengikuti tes yang mengujikan tiga mata pelajaran, yakni IPA, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Saking antusiasnya, rata-rata siswa sudah berada di sekolah satu jam sebelum tes dimulai. Pantauan di SMPN 1 Kebomas, ratusan peserta tes PSB sudah datang pukul 07.00 WIB. Padahal tes baru dimulai pukul 08.00 WIB. Tampak para orang tua menunggu anaknya sembari berharap dan berdoa buah hatinya bisa mengerjakan tes dengan baik.

"Saya berangkat tes di antar ayah," kata Talitha, salah satu peserta yang ikut tes di SMPN 1 Kebomas, Rabu (5/7/2017).

Menurut ia, tiga mapel yang diujikan dalam tes PSB SMPN tidak seberapa sulit. Namun, ada sejumlah soal yang memang belum pernah diajarkan di bangku SD. "Ada soal SMP yang keluar dalam tes," ungkapnya.

Sesuai jadwal, penguman hasil tes PSB bagi siswa SMPN untuk jalur keluarga tidak mampu bakal diumumkan lewat internet (online) pada tanggal 10 Juli 2017 pukul 09.00 WIB. Sedangkan untuk jalur umum diumumkan pada tanggal 12 Juli 2017 pukul 09.00 WIB.

Sekadar diketahui, dalam PPDB tahun pelajaran 2017/2018 ini, SMPN se-Kabupaten Gresik telah menentukan pagu penerimaan siswa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO