Mudik Lebaran, Komisi E Dorong Pemprov Siapkan Tenaga Medis On Call 24 Jam

Mudik Lebaran, Komisi E Dorong Pemprov Siapkan Tenaga Medis On Call 24 Jam Agung Mulyono, Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari, masyarakat pun bersiap melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Sejumlah ruas jalan di Jawa Timur dipastikan akan ramai dipadati kendaraan yang hendak pergi ke berbagai daerah di wilayah Jawa Timur atau ke provinsi lain.

Tak jarang peristiwa tak terduga seperti kecelakaan dan serangan penyakit datang tiba-tiba dialami pemudik. Terlebih, tak semua pemudik mempersiapkan diri menghadapi keadaan darurat dengan menyiapkan obat-obatan atau peralatan P3K.

Karena itu, Ketua Komisi E DPRD Jatim, Agung Mulyono mendorong pemerintah provinsi menyiapkan tenaga medis yang siap on call selama 24 jam. Agung berharap tenaga medis tersebut disebar di beberapa lokasi pada jalur mudik Jawa Timur 2017.

"Pertolongan yang cepat dengan tenaga medis yang terampil ini mampu mengurangi jumlah angka kecelakaan saat mudik lebaran atau pun gangguan medis lainnya. Paling tidak bisa mengantisipasi dari kondisi fatal,” tutur politisi Demokrat yang akrab disapa Dokter Agung itu, Rabu (21/6).

Anggota Dewan asal daerah pemilihan Jatim III yang meliputi Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi itu menambahkan, langkah persiapan di bidang kesehatan jelang lebaran mampu memberikan layanan yang cepat terhadap kasus medis pemudik lebaran. Sehingga hal ini mampu menurunkan kematian akibat kecelakaan atau gangguan medis lainnya.

Karena itu, politisi kelahiran Banyuwangi itu berharap pihak rumah sakit di berbagai daerah di Jatim, perlu melakukan koordinasi dengan seluruh unit pelayanan teknis (UPT) agar terkomunikasi dengan baik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO