Jatim Siap Sambut Mudik 2024, Adhy Karyono Siagakan Ratusan Fasyankes hingga Poskes

Jatim Siap Sambut Mudik 2024, Adhy Karyono Siagakan Ratusan Fasyankes hingga Poskes

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menghadapi mudik Lebaran tahun 2024. Ratusan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), pos Kesehatan dan tenaga kesehatan baka disiagakan.

“Ada 428 rumah sakit, 972 puskesmas, 217 pos kesehatan serta griya sehat yang tersebar di 5 kabupaten/kota dan Public Safety Center (PSC) 119 yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Sedangkan untuk 3 kabupaten/kota yang belum memiliki PSC 119 tetap disiagakan tim melalui dinas kesehatan kabupaten/kota," ujar Pj Gubarnur Jawa Timur .

"Semua itu disiapkan untnnuk menjamin keselamatan dan kesehatan para pemudik,"tambah Adhy usai memberangkatkan Mudik Gratis di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta, Jumat (5/4).

Sebagai pelengkap layanan kesehatan, tim nakes mulai dari dokter, perawat, sanitarian, nakestrad, driver dan ambulans akan ditempatkan pada seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas. Mereka akan siap selama 24 jam penuh.

Yang tak kalah penting disiapkan ialah logistik kesehatan hingga sarana dan prasaarananya. Mulai dari obat-obatan atau emergency kit dan obat pertolongan pertama sudah disiapkan. Termasuk alat kesehatan pemeriksaan vital sign, bed dan sarana prasarana pemeriksaan pasien serta media promosi kesehatan pun telah disediakan.

Selain Kesehatan, untuk mengurangi risiko kecelakaan, menggelar mudik bareng gratis bagi masyarakat. Pemprov menyediakan 90 bus dengan total 1.440 kursi via online dan 2 160 kursi via operator untuk 17 rute perjalanan.

Pada pemudik, Adhy minta untuk selalu menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit. Istirahat di pos-pos kesehatan jika sudah mulai merasa lelah dan kurang fit.

Imbauan yang sama disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono. Dia minta pemudik yang dalam kondisi berpuasa untuk menjaga kesehatannya.

“Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka serta minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi,” ujarnya

Kadinkes Prof. Erwin juga mengatakan, pihaknya menyediakan konten edukasi kesehatan termasuk phbs kepada masyarakat melalui media promosi kesehatan maupun media social, melakukan pemeriksaan dan skrining kesehatan kepada pengemudi angkutan lebaran di terminal Bungurasih pada tanggal 2 April 2024. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO