Bukber dengan Ratusan Anak Yatim dan Fakir Miskin, Gus Solah Ingatkan Pentingnya Sedekah

Bukber dengan Ratusan Anak Yatim dan Fakir Miskin, Gus Solah Ingatkan Pentingnya Sedekah

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - KH Salahudin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Pondok Pesantren Jombang, Jawa Timur mengingatkan tentang pentingnya gemar bersedekah. Sebab menurutnya, saat ini jumlah sedekah masih belum setara dengan jumlah umat Islam yang besar.

Pernyataan tersebut dipaparkan Gus Solah saat menyampaikan tausiah dalam kegiatan santunan dan buka bersama sekitar 500 fakir miskin dan yatim piatu di Masjid Ulul Albab , Sabtu (17/6/2017).

Dalam acara yang diselenggarakan Lembaga Sosial Pesantren () itu, Gus Solah mengungkapkan masih kecilnya dana yang dapat dihimpun dari umat Islam. “Penyebabnya lantaran kita masih asyik beribadah mahdhah, namun kurang gemar berderma,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gus Solah memaparkan, bersedekah juga merupakan anjuran agama, apalagi di bulan Ramadhan. Sehingga pada saat bulan puasa seperti ini, yang harus ditingkatkan tidak semata ibadah ritual semisal shalat, membaca Al-Quran, puasa dan sejenisnya. “Yang juga tidak kalah penting adalah berderma atau bersedekah,” lanjutnya.

Adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini pun menjelaskan bahwa pada ayat kesepuluh dari surat al-Munafiqun digambarkan orang yang berharap dikembalikan ke dunia setelah meninggal. “Yang akan dilakukan saat ada di dunia adalah bukan memperbanyak ibadah ritual seperti umrah, tapi bersedekah,” jelasnya.

Menurut Gus Solah, ayat tersebut memberikan penegasan bahwa berderma ternyata lebih utama dari ibadah personal. Ia tidak menampik bahwa berumrah memiliki kenikmatan tersediri. “Tapi alangkah lebih afdhal kalau antara ibadah umrah dan berderma dapat dilaksanakan secara seimbang,” paparnya.

Selain berbuka bersama, sekitar 500 warga sekitar Pesantren menerima paket lebaran dari . Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan santunan berupa uang tunai, paket sembako yang dapat dimanfaatkan menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H. kegiatan ini sudah biasa dilaksanaka sebelum lebaran. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO