Tinjau Progres Pengerjaan, Pakde Karwo Pastikan Ruas Tol Joker Beroperasi Selama Mudik Lebaran

Tinjau Progres Pengerjaan, Pakde Karwo Pastikan Ruas Tol Joker Beroperasi Selama Mudik Lebaran Gubernur Jatim, Soekarwo, saat melakukan peninjauan tol Joker di Dusun Kedunggabus, Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Selasa (13/6/2017). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo melakukan peninjauan ruas tol Jombang-Mojokerto (Joker), Selasa (12/6/2017). Hal itu dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi tol sebelum dioperasikan saat mudik lebaran nanti.

Selain melakukan pengecekan ruas jalan tol, pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini juga melihat pengerjaan tol Solo-Kertosono (Soker) di ujung Kabupaten Nganjuk yang menghubungkan dengan tol Joker di Dusun Kedunggabus, Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Di mana, kondisi penghubung ruas tol Soker dengan Joker ini masih belum tuntas pengerjaannya.

Namun demikian, dalam lima hari ke depan, pengerjaan tersebut diperkirakan sudah selesai. Sehingga, tol ini diharapkan sudah bisa beroperasi mulai tanggal 19 Juni mendatang.

“Kesimpulannya, pertama adalah sudah bisa dibuka satu lajur. Pada saat mudik dari timur, kalau balik dari barat. Jadi, ini rekayasa transportasinya,” ujar Pakde Karwo kepada awak media di lokasi peninjauan tol.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim ini juga mengakui bahwa tol tersebut belum sempurna. Sehingga harus diberlakukan satu jalur sementara selama mudik. “Tidak sempurna 100 persen. Oleh sebab itu, penjagaan menjadi sangat penting,” katanya.

Terkait tarif tol, Pakde Karwo menyatakan bahwa untuk jalur fungsional yakni seksi 2 dan 4 tol Joker gratis. Sedangkan untuk seksi 1 dan 3 tol Joker berlaku tariff normal.

“Untuk yang sudah full (seksi 1 dan 3 tol Joker) tetap bayar. Kalau yang belum sempurna seperti yang masuk jalur fungsional (seksi 2 dan 4) ya gratis,” jelasnya.

Menurut Pakde Karwo, dengan dioperasionalkannya tol ini akan mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di simpang tiga mengkreng atau penghubung Jombang, Nganjuk, dan Kediri. “Kemacetan di simpang tiga mengkreng jelas berkurang, tahun kemarin 8 jam. Sekarang berkurang serius,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tol Joker sepanjang 40,5 kilometer ini memiliki jalur operasional dan fungsional. Untuk jalur operasional terdiri dari seksi 1 yang menghubungkan wilayah Jombang bagian tengah (Kecamatan Tembelang) dengan wilayah batas Kabupaten Jombang sebelah barat (Kecamatan Bandar Kedungmulyo). Serta seksi 3 yang menghubungkan Mojokerto (Kecamatan Jetis), kemudian Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg) yang sudah terhubung dengan ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Sedangkan untuk jalur fungsional terdiri dari seksi 2 yang menghubungkan Jombang-Mojokerto Barat. Serta seksi 4 yang menghubungkan Kecamatan Bandar Kedungmulyo dengan batas barat tol Joker (perbatasan wilayah Nganjuk-Jombang). (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO