Ratusan Santri di Jombang Mudik Bareng, Naik Kereta Api Jurusan Jakarta

Ratusan Santri di Jombang Mudik Bareng, Naik Kereta Api Jurusan Jakarta Para santri berjubel memadati stasiun Jombang menunggu kedatangan kereta api.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Stasiun Jombang yang berada di Jl Basuki Rahmat Kota Jombang mendadak ramai dengan kedatangan remaja putra-putri, Senin (12/6/2017) siang. Bukan puluhan, tapi mereka sudah mencapai ratusan orang.

Ya, mereka ini adalah para santri dari sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) yang hendak pulang kampung alias mudik lebaran. Tentu, ini karena mereka sudah memasuki liburan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Masa belajar di pondok sementara terhenti untuk memberi kesempatan para santri berjumpa keluarga di rumah masing-masing.

Bagi mereka yang rumahnya di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, tangerang, dan Bekasi) memilih kereta api sebagai alat transportasi. Selain lebih nyaman, para santri ini juga lebih senang menggunakan kereta karena bisa pulang beramai-ramai.

Ratusan santri ini, berasal dari Ponpes Tebuireng, Darul Ulum Rejoso, Bahrul Ulum Tambakberas, Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Madrasatul Qur’an Tebuireng, dan pondok lainnya.

“Naik kereta karena bisa bareng-bareng sama teman-teman. Kita juga bisa lebih santai karena perjalanan jauh, tidak macet,” kata Siti Arofah, salah satu santri asal Bekasi.

Ia pun mengaku senang karena dengan liburan bisa bertemu keluarga. “Memang sudah waktunya bertemu keluarga. Ya, senang bisa liburan. Ini liburan panjang bisa sebulan. Kita baru masuk lagi di pondok tanggal 15 Juli nanti,” ujarnya.

Dalam pantauan Bangsaonline.com di lokasi, para santri ini tiba di stasiun dengan membawa barang-barang seperti tas, koper dan kardus. Setelah antre untuk masuk, mereka duduk di ruang tunggu menanti kedatangan KA Gaya Baru Malam jurusan Surabaya-Pasar Senen Jakarta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO