Manfaatkan Pasar Ramadhan di Situbondo, BUMDes Jasa Abadi Desa Gelung Promosikan Produk Unggulan

Manfaatkan Pasar Ramadhan di Situbondo, BUMDes Jasa Abadi Desa Gelung Promosikan Produk Unggulan Pasar Ramadhan di Situbondo yang dimanfaatkan oleh BUMDes Jasa Abadi Desa Gelung. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Momen pasar Ramadhan yang diselenggarakan oleh forum kota sehat (FKS) di timur alun-alun Situbondo dimanfaatkan melakukan promosi dan menjual produk-produk hasil dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik Pemerintah Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

Meskipun yang dijajakan masih sebatas hasil produk-produk olahan milik BUMDes, namun langkah Pemerintah Desa Gelung ini patut diacungi jempol. Pasalnya sejak pasar Ramadhan dibuka, hanya Desa Gelung yang mempromosikan dan menjajakan hasil produk BUMDes-nya di pasar Ramadhan.

"Kami memang sengaja memanfaatkan Pasar Ramadhan ini untuk mempromosikan dan menjual produk unggulan desa kami, melalui BUMDes Jasa Abadi," kata Kepala Desa Gelung Djasmoto, saat ditemui di lokasi pasar Ramadhan, Jumat (9/6).

Menurutnya, demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Gelung, pihaknya akan terus berupaya untuk menggali potensi lokal yang selanjutnya akan dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jasa Abadi. Sehingga, di kemudian hari pemerintah desa Gelung tidak lagi mempunyai ketergantungan terhadap dana desa (DD).

"Tentu harapan kita Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jasa Abadi ini terus berkembang, sehingga nantinya Desa Gelung tidak lagi mempunyai ketergantungan kepada dana desa," ujar Djasmoto.

Lebih lanjut, Djasmoto mengungkapkan bahwa BUMDes di desanya baru terbentuk di tahun ini, dan masih fokus kepada hasil olahan dan produk unggulan desa. Namun begitu, ke depan pihaknya juga akan mengembangkan wisata yang dikenal dengan 'Pantai Pathek' di desanya.

"Untuk saat ini, kami masih fokus pada produk unggulan dan hasil olahan, tapi rencananya tahun depan kami juga akan mengembangkan potensi yang lain, yaitu potensi wisata seperti pantai pathek, termasuk di dalamnya dengan transportasi wisatanya," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO