Terkait Polemik Tol Moker, PT MHI Ikuti Perintah Kementerian

Terkait Polemik Tol Moker, PT MHI Ikuti Perintah Kementerian

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Permasalahan terkait pebangunan tol Mojokerto-Kertosono (Moker) seksi II di Desa Kendalsari, Kecamata Sumobito, Kabupaten Jombang mendapat respon dari PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) selaku pemegang hak konsesi.

Humas PT MHI, Dela Rosita mengatakan, terkait tuntutan demo warga di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumbito, Selasa (6/6/2017) kemarin, pihaknya bersedia memenuhinya. Tuntutan warga itu di antaranya meminta agar PT MHI membangun jalan penghubung.

“Kalau tuntutan warga terkait jalan penghubung, pada prinsipnya kami siap mengerjakan, asal prosedurnya sudah dilalui. Warga mengajukan surat ke pemda dan dilanjutkan ke kementerian. Apabila disetujui maka bisa dikerjakan,” kata Dela saat dikonfirmasi Bangsaonline, Rabu (7/6/2017).

Ia pun menegaskan, pihaknya hanya menunggu perintah dari Kementerian PU Penataan Ruang (PUPR) untuk membangun jalan penghubung sesuai permintaan warga tersebut. “Kalau yang jalan, kami menunggu instruksi saja dari kementerian. Sementara kami fokus untuk kejar proses pekerjaan tol supaya bisa difungsikan saat mudik lebaran,” tandas Dela.

Sebelumnya, puluhan warga menggelar aksi demonstrasi di area tol di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Selasa (6/6/2017). Warga protes karena berbagai permasalahan terkait tol tak kunjung diselesaikan oleh pihak-pihak yang terkait. Di antara persoalan tersebut yakni pembebasan tanah untuk jalan penghubung di selatan tol.

Untuk diketahui, secara keseluruhan, proyek tol ini membentang dari Mojokerto hingga Kertosono sepanjang 40,5 kilometer. Ruas tol terpanjang di Jatim ini dibangun sejak bulan Juli 2010 oleh PT MHI selaku pemegang hak konsesi. Sedangkan tol Joker seksi II yang digarap PT MHI itu membentang dari Desa Tamping Mojo Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang hingga Desa Pagerluyung Kecamatan Gedek Kabupaten Mojokerto sepanjang 19,9 kilometer. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO