Pemkab Salurkan Rp 3,5 Miliar Kepada 4.401 Guru Ngaji di Situbondo

Pemkab Salurkan Rp 3,5 Miliar Kepada 4.401 Guru Ngaji di Situbondo Pemkab Situbondo saat menyalurkan bantuan khusus guru ngaji di Kecamatan Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bertepatan bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menyalurkan bantuan khusus berupa insentif masing-masing Rp 800.000 kepada 4.401 guru ngaji yang tersebar yang tersebar di 17 kecamatan.

Tahun ini Pemerintah Situbondo mengalokasikan anggaran dengan nilai total Rp 3,5 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pemberian insentif kepada para guru ngaji.

"Bantuan ini hanya tali asih dari pemerintah. Tujuannya agar mereka merasa ditemani oleh pemerintah dalam mengajar mengaji anak-anak di mushalla atau langgarnya masing-masing," kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto.

Dadang berharap kepada seluruh guru ngaji di Situbondo, agar bantuan keuangan itu tidak mengurangi ketulusan dan keikhlasan para guru ngaji dalam menjalankan aktivitasnya. Sebab, dengan keikhlasan tersebut, ilmu yang diberikan kepada santri-santrinya bisa berbuah barokah, hingga bisa bermanfaat, manfaat kepada masyarakat, keluarganya, agama dan negaranya.

"Untuk nominalnya tidak banyak, hanya Rp 800 ribu per orang, ada peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan memang tidak seberapa, karena memang sengaja dilakukan bertahap demi menjaga ketulusan para guru ngaji," ujarnya.

Bupati dua periode ini mengungkapkan bahwa, adanya alokasi anggaran untuk guru ngaji di Situbondo ini sempat menjadi perhatian kabupatan lain. Banyak Kabupaten lain yang menjadikan anggaran guru ngaji sebagai percontohan.

"Pemkab juga mengalokasikan bantuan kepada guru mingguan di Situbondo. Tiap guru mingguan juga mendapatkan sebanyak Rp 800 ribu. anggarannya dari Rp 3,5 miliar itu," pungkasnya.

Pantauan di lapangan. Terdapat ratusan guru ngaji yang berkumpul di Kecamatan Situbondo. Mereka datang ke kantor Kecamatan untuk menerima pencairan bantuan khusus untuk guru ngaji tahun 2017. Usai memberikan sambutan, secara simbolis, Bupati Dadang memberikan bantuan khusus kepada guru ngaji tersebut. Penyaluran bantuan khusus guru ngaji diawali dari Kecamatan Situbondo. Selanjutnya pencairan juga akan dilakukan di masing-masing Kecamatan lain. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO