Wabup Sudjarno Buka Lomba Pramuka Tingkat III

Wabup Sudjarno Buka Lomba Pramuka Tingkat III Wabup Ponorogo Sudjarno saat membuka lomba Pramuka di Bumi Perkemahan Lapangan Desa Japan. foto: YAHYA/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ponorogo yang juga Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno, secara resmi membuka lomba tingkat III Pramuka yang digelar Kwarcab Ponorogo di Bumi Perkemahan Lapangan Desa Japan, Jenangan, Jumat (12/5).

Menurut Ketua Panitia Lomba, Edi Sujarwo, kegiatan lomba tersebut dilaksanakan sebagai agenda rutin tahunan yang pesertanya merupakan wakil dari Kwartir Ranting atau kecamatan se-Kabupaten Ponorogo.

“Pesertanya merupakan Pramuka Penggalang SMP/MTS dengan total ada 208 peserta,” ujar Edi.

Kegiatan perlombaan yang akan berlangsung selama tiga hari atau yang berakhir hari Ahad (14/5) mendatang akan memperlombakan ketangkasan memanah, menembak, fotografi, jurnalistik, dan perlombaan materi ketangkasan pramuka yang lain.

“Nanti kita ambil juara I grup putra dan juara I grup putri yang akan kita kirim pada LT IV di Provinsi Jawa Timur yang akan berlangsung habis Lebaran nanti. Untuk juara I putra dan putri tingkat provinsi akan dibawa ke LT V di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta bulan Agustus mendatang,” jelas Edi.

Sementara, Ketua Kwarcab Ponorogo Sudjarno menyatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin lomba pramuka tingkat III dengan tema Mandiri, Bersahabat, Berprestasi dengan motto "Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan serta Tekad Satu Tekad menuju Indonesia Damai dan Tenteram".

“Harapan kita dengan perlombaan ini dapat menjadikan anak-anak sekalian memiliki kedisiplinan, semangat kerja keras, serta menjaga kekompakan sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa yang ideal dan memiliki jiwa patriot,” ujar Sudjarno.

Menurut Sudjarno, ini merupakan tempat dan wahana untuk mendidik serta menempa jiwa dalam setiap diri anggota Pramuka yang mengikuti perlombaan. “Tunjukkan prestasi terbaik kalian, jaga kekompakan dan bawa terus nilai luhur Pramuka di manapun dan kapanpun.”

“Karena ini merupakan perlombaan maka akan diambil yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Ponorogo di tingkat Provinsi Jawa Timur. Untuk itu, keluarkan potensi terbaik kalian karena kesempatan itu tidak datang dua kali. Manfaatkan dan ambil pelajaran atas setiap momen,” lanjut Sudjarno. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO